Mohon tunggu...
Pemerintahan

Pemuda Sebagai Masa Depan Bangsa di Bidang Pembangunan Daerah

10 April 2019   22:02 Diperbarui: 10 April 2019   22:27 0 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikumsalam Wr. Wb, Hai teman-teman kembali lagi dengan Saya Siti Fatimah Anggraeni Bahar, pada artikel kompasiana saya sebelumnya yang membahas tentang Aktulisasi Era Revolusi 4.0 dalam mengoptimalkan industri di bidang Farmasi. Nah, kali ini saya akan membahas tentang peran pemuda terhadap pembangunan daerah. Generasi muda memiliki posisi dan peran yang sangat vital dalam kehidupan kebangsaan Indonesia

Pemuda  menjadi  salah  satu  kunci  terlahirnya  negara  Indonesia  yang menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan di atas kemajemukan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dari peristiwa sejarah Indonesia yang memberikan gambaran tentang vitalnya peran pemuda yaitu peristiwa sejarah Deklarasi Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yang menjadi kunci terbentuknya kekuatan pemuda untuk bersatu melawan penjajahan kolonial Belanda. Dalam deklarasi ini tercapai kesepakatan pemuda Indonesia sebagai pemuda yang bertumpah darah satu, yaitu tanah air Indonesia,  sebagai  pemuda   yang   berbangsa  satu,   yaitu   bangsa Indonesia, dan berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Bahkan Presiden Pertama RI yaitu Ir. Soekarno mengatakan Beri aku 1.000 orang tua,  niscaya  akan kucabut  semeru  dari akarnya.  Beri aku  10 pemuda, niscaya akan ku goncangkan dunia, hal tersebut menjadi sebuah cambuk bahwa pemuda menjadi kunci utama dalam perjuangan ke arah perbaikan negara Indonesia yang sejatera.

Pemuda adalah salah satu komponen penting bangsa ini. Perencanaan pembangunan suatu bangsa sangatlah tergantung terhadap kader-kader pembangunan itu sendiri.

Organisasi pemuda dibagi dalam tiga jalur:

  • Jalur SLTP dan SMU yaitu OSIS
  • Jalur  perguran  tinggi  akademi  (kampus)  adalah  senat  mahasiswa  dan  denah pada tingkat fakultas dan BEM pada tingkat universitas.
  • Jalur  kepemudaan  dimana  tedapat  KNPI  sebagai  komunikator   antar  generasi muda generasi ekstra universitas dan organisasi lainnya.

 Oleh karena itu kedudukan angkatan muda dalam suatu masyarakat adalah fital bagi masyarakat itu. Apalagi dalam era abad 21 yakni era penuh dengan kompetisi, diperlukan pemuda yang terlatih dan bersemangat untuk meneruskan cita-cita pembangunan..

Apabila kita membaca ulang sejarah kemerdekaan Indonesia, disitu dapat dilihat bahwa peran pemuda sangatlah besar mulai dari proklamasi sampai reformasi semuanya tidak akan terjadi tanpa adanya kiprah para pemuda. Dan pada masa ini pemuda ditantang untuk bisa menunjukkan dan  membangun  Indonesia  dengan  tampil  memberikan  solusi  terbaik untuk mengatasi segala permasalahan dan juga memberikan harapan baru bagi  bangsa  ini untuk  lebih  baik  lagi dalam  pengembangan di segala bidang.

Pemuda  menjadi  penting  peranannya  bukan  saja  karena  bagian terbesar dari penduduk Indonesia saat  ini berusia muda, tetapi penting karena berbagai alas antara lain, pertama, pemuda adalah generasi penerus yang akan melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa. Kedua, kelangsungan sejarah dan budaya bangsa, corak dan warna masa depan suatu bangsa akan sangat ditentukan oleh arah persiapan atau pembinaan dan pengembangan generasi muda pada saat ini. Ketiga, terjaminnya proses kesinambungan nilai-nilai dasar negara. Yaitu dipandang dari sudut semangat  kepemudaan  yakni  sumpah  pemuda  1928,  proklamasi  1945, Pancasila dan UUD 1945.

Peranan      generasi      muda     dalam     pembangunan          sangat    penting      artinya, bukan     saja karena    pemuda    sebagai    lapisan    masyarakat      paling    besar  tetapi    yang paling      penting      adalah  tanpa      potensi      dan    kreativitas        generasi        muda,      maka pembangunan    akan   dapat   kehilangan arah.

Untuk  mencapai  tujuan  tersebut    sangat    diperlukan      peran       pemerintah      serta semua        lapisan  masyarakat  terutama  generasi  muda  yang    perlu    dipersiapkan     sebaik- baiknya   untuk    menerima  tongkat  estafet agar dapat melanjutkan  perjuangan   bangsa   dan mampu     menghadapi   tantangan   dan  menjawab     tantangan   dimasa  yang     akan  datang. Sebagai  generasi  penerus,  pemuda  terutama     pelajar     dan       mahasiswa     harus  tangguh menghadapi    tantangan   yang    akan    datang     demi    tercapainya   ujuan    dan    cita-cita bangsa dan  negara     dalam     satu  gerak     langkah     yang   terarah,     terpadu     dan berkesinambungan   maka generasi      muda     perlu     dipersiapakan     secara     matang     dan usaha      persiapan        itu    melalui program      pembinaan    generasi muda. Pembangunan membutuhkan  generasi       muda     yang potensial,       produktif,       kreatif,     serta   mempunyai inspiratif yang  konstruktif.

Partisipasi      generasi      muda    dalam     pembangunan         harus     sejalan     dengan cita-cita  nasional,       dalam      lingkungan         ini    diharapkan         generasi       muda      untuk mengambil        bagian secara    efektif    mempelopori       usaha-usaha     masyarakat    pancasila dikalangan      generasi      muda  itu        sendiri.  Pada  prinsipnya    peranan      generasi  muda merupakan     rangkaian usaha  meningkatkan           dan      menetapkan             kesadaran kenegaraan  guna      menunjang     kelestarian  Pancasila         dan     UUD       1945.     Dalam Peraturan  Menteri  Dalam  Negeri  Nomor  114 Tahun  2014  tentang  Pedoman  Pembangunan Desa pasal 6 mengamanatkan peningkatan  kapasitas  masyarakat  yang termasuk  dalamnya kelompok  pemuda.  Berdasarkan      alasan     yang telah dikemukakan   diatas     maka penulis berkeinginan      untuk   membahas     secara   ilmiah   mengenai     kehadiran     generasi    muda sekarang   ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4