Mohon tunggu...
Siti Mulya Rahmah
Siti Mulya Rahmah Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

theobroma

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Sistem Komunikasi Indonesia, Penyiaran TV Digital sebagai Terobosan dalam Era Digital

6 Agustus 2022   15:25 Diperbarui: 6 Agustus 2022   15:33 109 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Hi-Tech. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

LATAR BELAKANG

Perkembangan siaran televisi digital di Indonesia ataupun sistem penyiaran digital merupakan perkembangan yang sangat pesat di dunia penyiaran, terdapat peningkatan kapasitas layanan melalui efisiensi pemanfaatan spektrum frekuensi radio. 

Sistem penyiaran televisi digital tidak hanya menyalurkan data gambar dan suara, TV digital juga memiliki kemampuan multifungsi dan multimedia seperti layanan interaktif. Hampir seluruh stasiun TV penyiaran sudah menggunakan sistem teknologi digital penyiaran, khususnya pada sistem perangkat studio untuk mengelola program, penyuntingan, perekaman dan penyimpanan data.

Sistem penyiaran TV Digital merupakan penggunaan aplikasi teknologi digital pada sistem penyiaran TV yang dikembangkan di tahun 90an dan di ujicobakan pada tahun 2000. 

Mulai awal tahun 2012, Indonesia melalui Peraturan Menteri Kominfo No. 05 tahun 2012, mengadopsi standar penyiaran televisi digital terestrial Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation (DVB-T2) yang merupakan pengembangan dari standar digital DVB-T yang sebelumnya ditetapkan pada tahun 2007. 

Pemerintah berusaha untuk beradaptasi dengan mengimbangi perkembangan teknologi yang begitu pesat dan menganggap hal itu sebagai suatu peluang untuk pengembangan industri penyiaran nasional ke depan. 

Pada awal pengoperasiannya, sistem digital ini umumnya dilakukan siaran TV secara Simulcast atau siaran bersama dengan siaran analog sebagai masa transisi. Sekaligus ujicoba sistem tersebut sampai memperoleh hasil pelaksanaan siaran TV Digital yang sangat ekonomis sesuai dengan kebutuhan dari negara yang mengoperasikan.

PEMBAHASAN

Penyiaran TV Digital Sebagai Terobosan Dalam Era Digital

Tidak ada seorangpun yang dapat menolak atau menghindari sebuah perubahan, karena perubahan merupakan hal yang pasti begitu pula perubahan TV analog ke TV digital. 

Sebagaimana yang kita ketahui, menonton televisi bagi keluarga di Jakarta sudah menjadi salah satu praktek budaya berkumpul dan perekat keluarga dengan hiburan yang disajikan, TV juga menjadi sumber informasi dan jendela dunia atas berbagai ilmu pengetahuan sehingga kualitas gambar dan audio pada televisi menjadi sangat penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan