Mohon tunggu...
Siswo Budi Utomo
Siswo Budi Utomo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Memberi Manfaat untuk Bekal Akhirat

Never stop dreaming

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ayo, Terapkan Metode Belajar Bahasa Inggris Ini! Anak Anda Akan Lancar Berbahasa Inggris

14 September 2021   18:37 Diperbarui: 18 September 2021   07:29 212 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

A. Pengantar

Seringkali penulis mendapati orang tua yang kesulitaan mengajari anaknya bahasa Inggris. Mereka selalu mengatakan, " bahasa inggris itu  mengucapkannya susah", "saya nanti malah keliru mengajarkan ke anak saya" atau "nanti malah saya dibandingkan sama gurunya" bila kita data sekian banyak orang tua yang bukan dari latar belakang pendidikan bahasa Inggris.

Pada tahun 2019 kurikulum pendidikan merdeka belajar telah disahkan oleh Mas Menteri. Pada pelajaran Bahasa Inggris siswa dididik agar mahir dalam daily conversation (percakapan sehari -  hari). Hal ini bisa kita tilik dalam buku siswa pada jenjang setelah SD, yakni jenjang SMP dan SMA yang kebanyakan muatan dari buku tersebut adalah dialog sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menyampaikan suatu pemikiran bagaimana membuat anak senang belajar bahasa inggris. Atau dengan kata lain bagaimana mengajar bahasa inggris untuk siswa SD (mengenal kata, makna, dan pembentukan kalimat yang sederhana).

B. Pengertian Bahasa

Bahasa adalah tanda yang hendak kita sampaikan untuk berkomunikasi, yang perlu digaris bawahi  disini adalah tanda tersebut memiliki makna . Makna tersebut adalah makna yang tersusun dari unsur terkecil  (Kata)  sampai kalimat (rangkaian kata). 

Jika diruntut,  huruf menjadi suku kata, suku kata mejadi kata,kata menjadi frasa, frasa menjadi kalimat. Penulis membatasi sampai kalimat  sesderhana karena disesuaikan dengan kapasitas ruang dan  pembahasan. Dimana kemampuan daily conversation  tidak sampai memproduksi suatu kalimat kompleks, paragraph atau bahkan wacana.

Kalimat sederhana adalah kalimat yang mengandung setidaknya subyek dan predikat, tidak berisikan kalimat kompleks seperti frase dan bukan kalimat kompleks (ada induk kalimat dan anak kalimat)

C. Sistim Bahasa

Bahasa-bahasa yang ada di Dunia memiliki sistim bahasa tersendiri yang tidak bisa disamakan dengan satu dan yang lainnya. Sebagai gambarannya akan kami sampaikan sekilas  mengenai  yang terkandung dalam sistim bahasa.  

Ada sistim fungsi kalimat , seperti Subject, Predikat, Object, Keterangan. Ada sistim kelas kata seperti kata benda, kata sifat, kata keterangan, kata kerja, dan kata ganti. Ada pula sistim pengucapannya, dan yang juga penting untuk disampaikan adalah sistim afiksasinya (pengimbuhan katanya), setiap bahasa memiliki sistim yang berbeda dalam afiksasi.

Sejauh penulis mengamati, potensi kemampuan Siswa SD sejatinya bisa mencerna pelajaran bahasa inggris untuk kalimat sehari-hari yang sederhana dengan pendekatan praktis, bukan teoritik. 

Namun perlu kiranya kita melakukan pemetaan yang dimana meski kalimat (baca: kalimat berbahasa inggris) yang cukup sederhana namun acapkali kita jumpai kalimat itu tidak bisa diterjemahkan kata per kata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan