Siska Anggraini Putri
Siska Anggraini Putri Suka beropini dengan analisis dangkal :(

-

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Utang Indonesia dari Pandangan Masyarakat yang Tidak Tahu Apa-apa

4 April 2018   08:55 Diperbarui: 5 April 2018   01:12 738 1 1
Utang Indonesia dari Pandangan Masyarakat yang Tidak Tahu Apa-apa
Dok.pribadi

Kemarin tu kesempet baca postingan facebook dari menteri keuangan kita Bu Sri Mulyani yang ngejelasin panjaaaaang lebar #TentangUtangIndonesia. Beliau posting ini gara-gara merasa opini dimasyarakat sudah semakin mengkhawatirkan terkait dengan isu utang ini, jadi beliau merasa perlu adanya klarifikasi dan informasi dr segi pemerintah itu sendiri.

Nah, karna pembahasannyaa panjang, aku berusaha untuk membaca sedikit demi sedikit dan penuh penghayatan. Namun gara2 otak ku ini simple dan gak bisa baca2 an yg berat, aku kok ya malah ngelu. Haha jadi aku baca inti2nya sajaa

Intinya penjelasan #TentangUtangIndonesia dari bu Sri, beliau menganggap posisi utang Indonesia masih dlm tahap wajar. Penjelasannya dibagi dalam 12 poin. *Bacanya pas km mager aja. Soalnyaaa puwanjang. Sumpah..

Aku sarankan, kalau kamu mau baca postingan #TentangUtangIndonesia-nya bu sri kamu juga harus sekalian baca balasan komentarnya deh. Karena di situ kita akan menemukan banyak sekali argumen pendukung maupun sanggahan yg semakin membuat kta berpikir "lah iya bener iki, loh iki ya bener. Lah terus seng bener endi?" nahloo.

Haha setelah baca itu aku jadi sok nganalis keuangan negara gitu. Bener gak gini, bener gak gituu. Pertanyaan nya "siapa elooo sok nganalis keuangan negara?" wkwkwkw

Aku sih di situ dan di sini gak mau komentar #TentangUtangIndonesia, ya cukup meraka yang bener-bener pinterlah yang menanggapinya. Aku mah apa yang kalau ketemu rumus ekonomi makro dan mikro aja masih cemen.

Jadi kucuma membaca komentar mereka dan menganalisis dalam hati.

Ya emang dari segala argumen #TentangUtangPemerintah bisa jadi pemerintah memposisikan dirinya dikubu optimis yg nganggep "kita masih ditahap aman kok, jumlah aset kita meningkat, dll" & lainnya dikubu pesimis yg nganggep "ngapain sih nambah utang? Ngapain ? Gak usah nambah beban utang deh, bunganya gede tau dll"

Disepanjang ku-scrool bagiku ada yg menarik dan yg komentar gini "kalau prinsip saya sih, gapapa utang kalau uangnya bisa muter dan berkembang. Daripada gak utang dan gak ada yang ngutangin? Berarti kta udah gak dipercaya dong sama orang?" dan langsung disanggah dg argumen yg sarat akan ilmu ekonomi.. hmm gimana ??

Seru kan seruuuu baca komentar tentang #TentangUtangIndonesia. Haha baca deh. Aku aja waktu baca jadi keinget waktu dikelas pas diskusi matkul makro. Bedanya disini gak ada Pak Hendry. (FYI pak Hendry adl dosen ilmu ekonomi FE UNESA yang kece abis...)

Baca: Mempermasalahkan Utang, oleh Sri Mulayani. 

Tapi sejujurnya setelah baca #TentangUtangIndonesia sekilas kumalah jado inget matkul ekonomi syariah. Kepikiran gak sih, kalau sebagian belanja negara berasal dari utang dan ada bunga utangnya, berarti selama ini kita berada di perputaran Riba. Nahloo

Haha wes udah, pembahasannya makin ke mana-mana kan, itu tadi cuma sekedar pendapatku saja. Sowry maap kalau banyak salah kata dan pandangan keliruuu.

Bisa dijadikan bahan diskusi sama-sama...

Aku juga gak ikut kubu pro atau kontra pemerintah loh ya. Soalnyaa aku emang gak tau yg bener bener benar yg manaa. Karna kutak pintar dibidang ini ku cuma pengen jadi masyarakat yg baik dan berdoa semoga apa langkah yg dipilih ttp dapat menghidupi hajat hidup orang banyak. Aamiinn

nulis pake hp jadi banyak yg disingkat  hehe