Mohon tunggu...
Siska Novi Wulandari
Siska Novi Wulandari Mohon Tunggu... Penulis Online

Hobi mencari ilmu-ilmu yang baru

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

5 Kebiasaan Unik Masyarakat yang Dapat Dijumpai Saat Bulan Ramadhan

12 April 2021   19:05 Diperbarui: 12 April 2021   19:12 400 2 0 Mohon Tunggu...

Bulan suci Ramadhan diperkirakan jatuh pada tanggal 12 April 2021. Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat beragama islam.

Selain menjadi bulan yang dianjurkannya berpuasa selama 30 hari pada bulan Ramadhan banyak dijumpai kebiasaan unik masyarakat yang merayakannya.

Kebiasaan unik tersebut bermacam-macam dari mulai kebiasaan saat menjelang berbuka puasa serta kebiasaan unik saat menjelang saur. Hal itu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur mereka merayakan bulan suci Ramadhan.

Berikut adalah kebiasaan unik masyarakat saat bulan suci Ramadhan tiba:

1. Ngabuburit

Saat bulan ramadan tiba kebiasaan ngabuburit adalah kebiasaan yang dipilih oleh sebagian anak muda. Ngabuburit adalah berkumpul bersama untuk menunggu waktu buka puasa. Terkadang mereka yang melakukan aktifitas ngabuburit bersama teman lama dan keluarga.

2. Berburu Takjil

Sama dengan ngabuburit, berburu takjil adalah salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang yang menjalankan puasa. Dengan menunggu waktu buka puasa, berburu takjil adalah solusi mereka yang mencari menu baru untuk dimakan saat buka puasa.

3. Salat Tarawih

Salat tarawih adalah salah satu rutinitas yang hanya dapat dijumpai saat bulan puasa. Waktu salat ini dilaksanakan setelah salat isya'. Salat tarawih ditutup oleh salat witir.

4. Kentongan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN