Mohon tunggu...
siska elfa
siska elfa Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Gunakan Cara ini untuk Meningkatkan Penjualan Toko Aksesoris Komputer secara Online dengan Hal Kecil

7 Juni 2015   02:56 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:18 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Hallo, kompasianer.. ketemu lagi bareng saya". Semoga nggak bosen yach.. hehe.. Oke langsung aja, disini saya mau berbagi tetep seputar dunia jual/beli aksesoris komputer. Nah, tahukah kamu? bahwa hal-hal kecil bisa menaikkan reputasi sebuah usaha Toko Aksesoris Komputer Online Kamu? Seperti misalnya ucapan terima kasih atau bisa juga menawarkan pengiriman gratis. Coba deh tarik pada diri Kamu sendiri, ketika karyawan toko tidak mengucapkan “terima kasih”, Kamu pasti kemungkinan besar akan merasa kesal, bukan? Kedengaran sepele sih  tetapi hal ini bisa menjadi dampak yang sangat besar. Tidak hanya berlaku di dunia offline, di dunia online, hal-hal kecil seperti ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan loh!

Bagaimana sih Meningkatkan Penjualan Toko Aksesoris Komputer secara Online dengan Hal-hal Kecil ?


Nah, berikut beberapa tips meningkatkan penjualan toko online yang bisa Anda lakukan:

1. Produk Up-Sell dan Cross-Sell

Apa sih produk up-sell dan produk cross-sell? Sistem up-selling adalah salah satu cara untuk  menawarkan produk yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh customer namun dengan margin harga yang lebih tinggi. Jadi, di website, Anda bisa menampilan “related product” yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh customer. Sementara itu, produk cross-sell adalah tampilan produk pelengkapan dari produk yang sedang dilihat oleh customer. Produk-produk ini bisa ditampilkan di halaman detil produk ataupun pada waktu check-out.

Besar kemungkinan dengan cara ini, customer menambahkan barang belanjaan mereka. Jika tidak kita sendiri yang menawarkan, bagaimana customer bisa tahu kalau ada produk yang mirip atau perlengkapnya, bukan?

2. Layanan Pengiriman Gratis

Nah untuk pernyataan yang kedua ini sempat saya singgung di awal tadi, dengan memberikan biaya pengiriman gratis ternyata menarik banyak (calon) customer. Tahukah kamu bahwa kebanyakan customer cenderung enggan membayar biaya pengiriman.  Dengan menerapkan biaya pengiriman gratis,kamu tidak akan rugi, namun kamu juga harus dan perlu untuk bisa mengatur jumlah minimal pembelanjaan agar customer memperoleh biaya pengiriman secara gratis.

Kelihatannya mungkin sepele, tetapi studi menunjukkan bahwa customer merasa “rugi” untuk merogoh kocek menambahkan nominal belanjaannya “hanya” untuk biaya pengiriman. Dengan penerapan program pengiriman gratis, hal ini mendorong customer menjadi lebih enteng untuk berbelanja online karena dia tidak harus memikirkan ongkos kirim lagi. Costumer senang kamupun senang. Nggak ada salahnya kan dijaman sekarang memberikan hal yang Gretongan? eh Gratisan. Hehe.. Oke next.

3. Memberikan Diskon Khusus

Eits! Bukan sembarang diskon loh jangan salah. Dengan memberikan diskon yang khusus, anda bisa meningkatkan penjualan toko aksesoris komputer online anda dengan memperhatikan pula produk-produk yang memiliki perputaran yang lambat. Ini dikarenakan produk-produk yang memiliki perputaran yang lambat tentu saja akan mengurangi cash-flow dan bisa menghambat peningkatan penjualan karena ada produk yang ‘stuck’.

Produk-produk seperti apa saja itu? Produk yang terjual hanya dalam sekali tiga bulan, produk musiman, produk yang gampang membusuh dan hancur dan produk yang sudah tergantikan dengan versi terbaru. Kamu bisa menawarkan produk-produk ini dengan harga spesial, daripada menunggu terus dan akhirnya produk tidak terjual – yang mana yang akan kamu pilih? Jika dibiarkan saja Toko kamu akan dipenuhi sarang laba - laba. Hiiii... Nggak mau kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun