Mohon tunggu...
Siska Dwi Novita
Siska Dwi Novita Mohon Tunggu... Lainnya - Jangan Takut Gagal

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pola Asuh Demokratis sebagai Pola Asuh Orangtua yang Efektif

20 Oktober 2020   11:12 Diperbarui: 2 Juni 2021   08:41 1448 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pola Asuh Demokratis sebagai Pola Asuh Orangtua yang Efektif. | pexels

Oleh: Siska Dwi Novita Sari

Pembelajaran pertama yang didapatkan oleh seorang anak adalah dari orang tua yaitu melalui pemberian pola asuh. Peran orang tua yaitu Ayah dan Ibu yaitu sebagai pendidik utama bagi anak (Sugianto, 2015). Pola asuh orang tua adalah sikap orang tua dalam memberikan pengaturan tingkah laku kepada anak sebagai perwujudan tanggungjawabnya dengan cara memberi peraturan, menunjukkan kekuasaan serta memberikan perhatian dan tanggap terhadap keinginan anak (Suteja dan Yusriah, 2017). 

Pola asuh orang tua merupakan segala upaya perlakuan yang diberikan dalam memberikan pembelajaran dan perhatian dalam perkembangan kehidupan anak dalam pembentukkan kepribadian, kemampuan berhubungan sosial yang lebih baik di masa yang akan datang. 

Baca juga: 6 Hal Penting dalam Pola Asuh Anak

Namun, sayangnya masih banyak pula orang tua yang masih kurang tepat dalam memberikan pola asuh sesuai dengan karakter anak. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan karena pada dasarnya pola asuh yang tepat dan baik yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya akan menghasilkan suatu karakter dan perilaku anak yang baik pula. 

Begitupun sebaliknya, apabila orang tua salah atau kurang tepat dalam memberikan suatu pola asuh kepada anaknya, maka karakter atau perilaku anak pun juga kurang baik.

Ada beberapa tipe pola asuh orang tua yang dapat diterapkan atau diberikan kepada seorang anak. Menurut Suteja dan Yusriah (2017) menyatakan bahwa secara umum terdapat tiga macam pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anaknya. 

Baca juga: Pola Asuh pada Anak Menentukan Kepribadian Mereka di Masa yang Akan Datang

Pertama pola asuh demokratis yaitu gaya pengasuh yang dilakukan orang tua dengan mempercayai bahwa seorang anak memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya agar tidak bergantung pada orang tua. 

Kedua pola asuh otoriter yaitu cara pengasuhan yang membatasi anak dengan menerapkan aturan-aturan yang ketat. Ketiga, pola asuh permisif adalah gaya pengasuhan yang ditandai dengan sikap orang tua yang cenderung melepaskan anak, kontrol orang tua terhadap perkembangan anak sangat rendah.

Dari pemaparan tersebut, apabila diambil mana yang lebih baik dari semua karakter anak adalah pola asuh dengan tipe demokratis. Pola asuh tipe demokratis memiliki kelebihan dan kekurangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan