Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2022: πŸ’—Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. πŸ’— Buku Biru πŸ’—Pandemi vs Everybody πŸ’— Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: πŸ’—Kutemukan CintaMU πŸ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita πŸ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi πŸ’— Ruang Bernama Kenangan πŸ’— Biduk Asa Kayuh Cita πŸ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. πŸ’—Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Pertama Menjadi Narasumber Kepenulisan Melalui Daring

28 Februari 2023   13:48 Diperbarui: 28 Februari 2023   13:53 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar: suara.com

Assalamualaikum, Bu.
Kalau berkenan, nanti izin mengundang Ibu di kajian komunitas anak pondokku, ya

Sebuah pesan singkat masuk ke gawai saya melalui aplikasi perpesanan pada Desember 2022 lalu, dari Mbak Arinal Haq, seorang kawan satu grup komunitas pencinta literasi.

Saya pun bertanya, kiranya dalam rangka kegiatan apa sehingga mengundang di kajian tersebut.

Rupanya sebagai seorang santri, beliau mendapatkan amanah menjadi tutor Bakat dan Minat Kepenulisan di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Baitul Ilmi di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Setelah melalui obrolan secukupnya, kami menyepakati waktu acaranya pada sekitar akhir Bulan Februari 2023, mengingat pada saat itu para mahasiswa sedang liburan dan pulang ke daerah asal masing-masing. Dan, mereka akan kembali ke pondok pada pertengahan bulan.

Saya pun mengiyakan undangan tersebut dan menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya untuk nantinya akan berbagi pengalaman bersama para mahasiswa dengan tema yang diinginkan. Karena hal tersebut bakal menjadi pengalaman pertama saya menjadi narasumber kepenulisan melalui daring.

***

Pamflet undangan sesi berbagi pengalaman kepenulisan (Dok.Pri. Arinal Haq)
Pamflet undangan sesi berbagi pengalaman kepenulisan (Dok.Pri. Arinal Haq)

Sejak perbincangan tersebut, saya berusaha menyiapkan diri agar acara bisa berjalan dengan baik. Mulai dari kesiapan mental berhadapan dengan mahasiswa, membuat angket tipis-tipis berisi pertanyaan dunia kepenulisan -- terutama bagi para pemula, hingga menyusun materi yang akan disampaikan melalui salindia.

Melalui panduan dari Mbak Arinal, saya berusaha mencari tahu siapa peserta yang akan ikut dalam sesi berbagi pengalaman kepenulisan. Dengan mengetahui latar belakang peserta, minimal saya mempersiapkan diri siapa yang akan saya ajak ngobrol melalui daring.

Berdasarkan angket kecil-kecilan tersebut, masalah utama mereka adalah seputar kendala teknis penulisan, bingung cara memulai penulisan, bagaimana membuat tulisan yang menarik. Begitu pula yang pernah saya alami sebagai penulis pemula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun