Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2022: πŸ’—Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. πŸ’— Buku Biru πŸ’—Pandemi vs Everybody πŸ’— Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: πŸ’—Kutemukan CintaMU πŸ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita πŸ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi πŸ’— Ruang Bernama Kenangan πŸ’— Biduk Asa Kayuh Cita πŸ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. πŸ’—Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Yuk, Berkunjung ke Ruang Baca Anak di Perpustakaan!

8 Oktober 2022   09:49 Diperbarui: 8 Oktober 2022   09:51 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sudut baca untuk anak di Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Tinur (Dok.Pri)

Pembaca yang budiman, kapan terakhir kali Anda berkunjung ke perpustakaan? Jejangan ketika masa sekolah atau kuliah saat mencari buku referensi guna menyelesaikan tugas guru atau skripsi?

Bagi yang sudah berkeluarga, kapan terakhir kali mengajak anggota keluarga untuk meminjam buku di perpustakaan?

Carlo, 10 tahun, kelas 4 sekolah dasar, anak yang mengikuti les bahasa Inggria privat di rumah saya, menjawab bahwa terakhir kali ke Perpustakan sewaktu kunjungan bersama rombongan kawan dan guru saat ia di bangku taman kanak-kanak.

"Sudah lama banget itu, Bun. Itu pun cuma lihat-lihat saja, gak pinjam buku, cuma baca sebentar dan keliling perpus."

Meski sudah tersedia pojok baca di ruang kelas, aktivitas membaca bagi anak di sekolah juga masih kurang. Apalagi hampir dua tahun lebih ditempa kegiatan daring dan luring, kehadiran buku bacaan belum sepenuhnya tersentuh oleh anak-anak.

Baca juga: Buka Pintu dan Jendela Dunia Melalui Perpustakaan

Hal ini butuh semangat dan partisipasi dari para guru dan orang tua untuk aktif mrngenalkan buku-buku bacaan kepada anak, agar kosakata mereka bertambah, guna membantu dalam menuangkan ide dan gagasan ketika mengerjakan tugas sekolah.


***

Koleksi Buku Bacaan Anak di Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Dok.Pri)
Koleksi Buku Bacaan Anak di Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Dok.Pri)

Hari Selasa (4/09/2022) lalu, saya menyempatkan diri berkunjung ke Perpusda Prov.Kaltim yang terletak di Jalan Juanda Samarinda. Niat saya akan meminjam beberapa buku cerita dwi bahasa - Inggris dan Bahasa Indonesia.

Koleksi buku dua bahasa yang saya miliki tidaklah banyak. Hal ini saya pergunakan untuk mengisi pengajaran les privat Bahasa Inggris dengan anak-anak di rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun