Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berkunjung ke Museum Sasmita Loka Jenderal AH Nasution Melalui Tayangan Video "Room Tour"

9 Oktober 2021   11:33 Diperbarui: 9 Oktober 2021   11:45 1037
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Museum Jenderal Besar DR. AH. Nasution (sumber gambar: https://altamira.id)

Saya tak menyangka, beberapa menit usai menyaksikan tayangan video di kanal youtube berupa Room Tour Museum Jenderal Besar DR. AH.Nasution, ternyata Admin Kompasiana mengangkat topik pilihan berupa Museum di Indonesia.

Tentu saja saya langsung tertarik menuliskan topik ini, sehubungan sensasi pilu, haru dan miris masih berkecamuk saat saya selesai menyaksikan tayangan  tersebut.

Meski saya punya pengalaman berkunjung ke beberapa museum seperti Satria Mandala di Jakarta, Ronggowarsito dan Lawang Sewu di Semarang, Museum Zoologi di Bogor dan Ullen Sentanu di Jogjakarta, namun saya sudah tak ingat lagi detailnya, mengingat sudah lama kunjungan tersebut saya lakukan bersama keluarga dan teman-teman.

Selama pandemi berlangsung, saya pun tak pernah ke luar kota. Sehingga keinginan untuk jalan-jalan pun harus ditahan hingga keadaan kembali normal.

***

Sudah beberapa hari ini, saya sedikit demi sedikit menyimak tentang peristiwa mengenaskan bangsa dan negara ini yang dikenang sebagai peristiwa G30S/PKI dan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Meski tak lagi menonton filmnya yang wajib saya tonton saat menjadi pelajar, namun peristiwa tersebut sungguh menjadi sejarah kelam bangsa kita.

Berbagai tayangan sejarah, saya simak melalui kanal youtube. Baik berupa wawancara pelaku atau saksi sejarah, tempat kejadian, kepiluan para tahanan politik masa itu dan beberapa rumah yang kini dijadikan sebagai museum sejarah.

Hingga akhirnya, tadi pagi mata saya tertuju pada judul video tentang 'Room Tour'  Museum Jendral Besar yang selamat dari peristiwa penculikan, yang mana saya belum pernah berkunjung ke museum tersebut secara langsung. Namun, melalui tayangan ini, sangat bermanfaat bagi saya dan menambah wawasan pengetahuan sejarah.

***

Bidik Layar video saat Host Erwin dari PropertyInside bersama Petugas Museum | Dok.Pri.
Bidik Layar video saat Host Erwin dari PropertyInside bersama Petugas Museum | Dok.Pri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun