Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Kangen Berat dengan Soto Tauco Tegal!

12 September 2021   18:13 Diperbarui: 19 September 2021   09:00 1144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Soto Tauco Tegal (sumber gambar: TRIBUN JATENG/BARE KINGKIN KINAMU)

Waaaaah, tumben nih, Admin memberi kesempatan untuk mengulas makanan favorit saya melalui topik pilihan, Soto! Olahan menu masakan yang segar berkuah, disajikan dengan segala topping yang ada, tergantung selera dan kekhasan daerah masing-masing.

Saya penggemar berat soto, malah tergila-gila banget dengan masakan satu ini. Bahkan saya pernah menuliskannya di artikel berjudul Soto, Makanan yang Gak Ada Matinya! Saking cintanya saya pada menu ini.

Pada artikel tersebut, ada beberapa saya sebutkan yang menjadi soto kesukaan. Diantaranya juga tersedia di Kota Tepian Mahakam, tempat saya bermukim selama 20 tahun ini.

Namun, dari sekian soto yang ada di nusantara ini, saya kangen berat dengan Soto Tauco Tegal.

***

Masa kanak hingga remaja, saya lalui di desa industri Pabrik gula di Brebes dan Tegal, Propinsi Jawa Tengah. Kedua orang tua saya bukan berasal dari kedua kota ini, sehingga menu masakan di rumah biasanya mengikuti selera orangtua. Kadang ibu memasak menu makanan sesuai pesanan atau keinginan kami -- anak-anaknya.

Setiap kali kami bepergian ke luar kota, entah berkunjung ke tempat Nenek-Kakek atau Om-Tante, ayah dan ibu selalu mengajak mampir menikmati hidangan di warung atau restoran. 

Beliau membolehkan kami memilih menunapa saja yang tersedia di sana. Namun, menu soto menjadi pilihan andalan untuk disantap di kota yang kami lewati atau singgahi.

Dari sekian soto yang ada, Soto Tauco Tegal adalah soto favorit teratas di daftar menu soto kesukaan saya.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun