Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Tahu Tempe Bacem Manis Gurih ala Siska Artati

25 Juli 2021   09:22 Diperbarui: 25 Juli 2021   09:26 427 22 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahu Tempe Bacem Manis Gurih ala Siska Artati
Tahu Tempe Bacem Manis Gurih | Dok.Pri. Siska Artati

Semangat pagi, Pembaca Kompasiana yang bugar dan sehat!

Semoga kabarnya bahagia dan ceria bersama keluarga. Bagi Anda yang sedang kurang sehat, yakinkan diri agar segera pulih kembali ya. Aamiin.

Semalam jelang tidur, saya sempat membaca artikel masakan dari Bunda Siti Nazarotin - Kompasianer yang baru saja mendapatkan verifikasi centrang biru yang mengunggah Sayur Bening Bumbu Kunci. Wah, pas banget dengan selera keluarga saya setiap kali saya mengolah sayur bayam dengan olahan seperti beliau. 

Teringat hari Jumat lalu saya juga memasak sayur yang sama dengan lauk Tempe Tahu Bacem Manis Gurih. Nah, hari ini saya berbagi resep sederhana keluarga kami.

Dalam mengolah tahu dan tempe menjadi masakan bacem yang manis dan gurih, selain menggunakan kecap manis, saya memilih menambahkan gula jawa (gula merah) sebagai penambah cita rasa.

***

Gula Aren dan Gula Jawa (Sumber gambar: https://resepkoki.id)
Gula Aren dan Gula Jawa (Sumber gambar: https://resepkoki.id)

Seperti yang dilansir oleh Wikipedia, Gula aren atau Gula Merah adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Gula aren dijual dalam bentuk endapan padat, dengan cetakan batok kelapa. Gulo saka, sebutan untuk gula merah tebu bagi masyarakat Minangkabau. Gula aren versi bubuk sering pula disebut sebagai Gula semut atau Gula Kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah.

Dalam setiap 100 gram bahwa gula merah mengandung:

  • kalsium: 90 mg
  • zat besi: 4 mg
  • sisanya karoten
  • Vitamin A, B12, C
  • Float
  • Garam mineral
  • Protein kasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x