Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Tongkol Goreng Berselimut Sambal Terong Pedas, Menggugah Selera Makan Keluarga

11 Juli 2021   09:22 Diperbarui: 13 Juli 2021   14:14 1670 39 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tongkol Goreng Berselimut Sambal Terong Pedas, Menggugah Selera Makan Keluarga
Tongkol Goreng Berselimut Sambal Terong Pedas |Dok.Pri.Siska Artati

Semangat pagi, Pembaca Kompasiana yang sedang berakhir pekan bersama keluarga!

Hari-hari belakangan ini suasana sejuk memeluk Kota Tepian Mahakam, sehubungan mendung dan diguyur hujan. Meski Mentari sempat menyapa dalam beberapa jam, namun suhu di kota ini lumayan dingin dari biasanya.

Saya sendiri, entah kenapa justru berkeringat, tapi jelang sore sampai dengan subuh terasa kedinginan. Jadi, bergantian nih, kadang minum dingin berteman es batu, kadang segelas seduhan herbal hangat buatan sendiri.

Nah, pagi ini saya membuat menu masakan untuk lauk sarapan bersama keluarga, yaitu Ikan Tongkol Goreng yang saya lumuri dengan Sambal Terong Pedas.

Omong-omong, saat pemerintah berencana memindahkan ibukota negara menuju Kalimantan Timur, dimana tempat yang dituju adalah sekitar wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan, muncullah guyonan bahwa calon ibukota negara kita adalah SAMBAL TERONG PEDAS, sebagai ikon kesukaan rakyat yang suka sambal. Kenapa nama calon ibukotanya dinamakan demikian? Itu singkatan dari SAMarinda-BALikpapan-TEnggaRONG -PEnajam DAn Sekitarnya! Hebat deh Netizen +62. Paling pinter kalau bikin candaan.

Ikan tongkol (sumber gambar: kurio.id)
Ikan tongkol (sumber gambar: kurio.id)

Oiya, pilihan saya pada ikan tongkol dan terong, selain mudah mengolahnya, juga manfaat dari mengkonsumsinya.

Tongkol (Euthynnus affinis) adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Terutama menjelajah di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat. Tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kawakawa, little tuna, mackerel tunaatau false albacore. Selengkapnya bisa disimak di Wikipedia.

Dilansir dari alodokter.com, nutrisi dan manfaat Ikan Tongkol dalam seporsi (setara 150 gram), terkandung 250--300 kalori dan aneka nutrisi, seperti:

  • 25--30 gram protein
  • 12,5--17 gram lemak
  • 50--60 mikrogram (mcg) selenium
  • 400 miligram (mg) kalium
  • 1,5--2 mg zat besi
  • 15--20 mg kalsium
  • 0,9--1,1 mg zinc

Selain berbagai nutrisi di atas, ikan tongkol juga mengandung vitamin A, vitamin B, omega-3, natrium, dan fosfor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN