Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: ๐Ÿ’—Kutemukan CintaMU ๐Ÿ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita ๐Ÿ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi ๐Ÿ’— Ruang Bernama Kenangan ๐Ÿ’— Biduk Asa Kayuh Cita ๐Ÿ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Cara Merawat Sepatu Kulit agar Awet dan Berkilau

8 Juni 2021   11:26 Diperbarui: 8 Juni 2021   11:32 300 21 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Merawat Sepatu Kulit agar Awet dan Berkilau
Ilustrasi gambar: medium.com/@dianapesireron

Pembaca Kompasiana yang budiman,

Kita tentu tidak asing dengan bahan kulit yang umumnya digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan produk-produk yang kita gunakan sehari-hari, seperti sepatu, dompet, ataupun tas. Tentu cara perawatannya memiliki perlakuan yang berbeda.

Tahukah Anda bahwa bahan kulit memiliki jenis yang sangat beragam, cara pengolahannya pun berbeda dan akan menentukan kualitas atau grade bahan tersebut.ย 

Untuk bahan kulit yang berasal dari kulit hewan asli juga membutuhkan perawatan yang tidak sederhana.

Tulisan yang saya unggah kali ini merupakan rangkuman dari pembelajaran daring tentang cara merawat sepatu kulit.ย Bersama Adrianto Priyo Sambodo - biasa disapa Mas Dodo,ย pemilik The Cobbler Shoe Care and Repair Service, pengusaha yang bergerak di bidang jasa perawatan perbaikan sepatu di Yogyakarta.

Struktur sepatu

perbedaan-karakteristik-sepatu-pria-dari-model-dan-jenis-bahannya-60bee9b88ede48760605ab52.jpg
perbedaan-karakteristik-sepatu-pria-dari-model-dan-jenis-bahannya-60bee9b88ede48760605ab52.jpg
Struktur Sepatu Kulit (sumber gambar: irmaosdeluz3.blogspot.com)

Pada umumnya sepatu terdiri dari beberapa bagian yang sama, namun sepatu kulit memiliki struktur yang unik dan biasanya hanya dimiliki oleh sepatu formal.

Bagian tersebut adalah:

1. Outsole (bawah), bagian bawah sepatu yang bisa jadi berbahan dasar karet (rubber) atau kulit (leather). Kedua bahan tersebut memiliki perawatan dan penanganan tersendiri.

2. Midsole (bagian samping), pada umumnya berbahan dasar karet, namun ada juga yang berbahan dasar kulit. Pengguna sepatu perlu mengetahui hal tersebut, karena biasanya mereka mengira terbuat dari kayu. Padahal bisa jadi berbahan dasar kulit yang memiliki ketebalan tertentu, terasa keras, hampir serupa warna dengan kayu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN