Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan di Rumah, Ngapain Aja?

27 April 2021   10:52 Diperbarui: 27 April 2021   11:36 480 23 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan di Rumah, Ngapain Aja?
Ilustrasi gambar: https://id.pinterest.com

Alhamdulillah, banyak hal yang bisa dilakukan selama menjalani ramadan di rumah saja. Tetap bisa buka bareng bersama keluarga, tarawih dan tadarus demikian juga, meski suami saya kadang berjamaah di Masjid.

Namun ada beberapa kegiatan favorit yang saya lakukan selama 15 hari Ramadan berlangsung:

1. Tilawah 1 hari 1 juz atau lebih, tambah dengan murajaah

Kegiatan ini telah tercanang sebagai target ramadan setiap tahun. Bila sebelum pandemi bisa dilakukan secara berkelompok dengan teman-teman pengajian dan para bunda di komplek rumah, kini aktivitas ini saya lakukan di rumah saja. Bersama anak dan suami, masing-masing melaksanakan targetnya, dan kami saling menyimak bacaan Quran.

Baca juga: Gagal Target Khataman, Gantikan dengan Murajaah

2. Baca Koleksi Buku

Koleksi Buku yang sedang dibaca selama Ramadan (Dok.Pri.)
Koleksi Buku yang sedang dibaca selama Ramadan (Dok.Pri.)

Saya suka banget baca buku, khusus sediakan waktu setidaknya 1 atau 2 jam dalam sehari untuk melakukannya. Kadang bisa lebih jika di akhir pekan. Dua buku sudah selesai saya baca, yaitu Surat dari Alexandria, penulis Fera Adriani Djakfar, sahabat sekaligus penulis yang aktif menjadi Dosen di STAIS Bangkalan Madura; dan Lakuna, karya Kompasianer Khrisna Pabichara. 

Buku The Great Story of Muhammad adalah sirah nabawiyah (sejarah hidup nabi) yang sangat mengharu biru dan selalu saya baca berulang, menemani ramadan saya tahun ini. Buku ini belum selesai saya baca, tinggal seperempat halaman lagi.  Sedang dua lainnya, Pulang (Tere Liye) dan Ruang Bernama Kenangan (Buku Antologi ke-4 karya saya dan kawan-kawan yang baru saja terbit), bakal menjadi 'santapan' bacaan berikutnya selama ramadan.

3. Mencoba resep masakan untuk berbuka dan sahur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN