Mohon tunggu...
Siska A. Nova
Siska A. Nova Mohon Tunggu... Lainnya - Student 🎓

If you want to be a writer, you must do two things above all others : read a lot and write a lot.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Fenomena Bahasa Gado-gado Indonesia-Inggris, Bolehkah?

13 Januari 2022   17:07 Diperbarui: 13 Januari 2022   17:09 337 11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber : twitter.com/ananksjahranie

Literally kalo kita denger nama Jaksel, surely kita langsung thinking tentang gaya bahasanya yang gado-gado (Indonesia-Inggris). So ya apakah itu menjadi masalah? sebenarnya gak problem whatsoever dengan hal itu, tapi menurut beberapa ahli itu gak worth it karena dianggap tidak nasionalisme.

Ya, sedikit mempraktekkan bahasa anak Jaksel diatas. hehe

Fenomena bahasa gado-gado yang dilakukan oleh anak Jaksel itu sebenarnya tidak hanya populer di Jakarta Selatan, namun sudah merambak diberbagai daerah. Mencampur 2 bahasa, bahasa Indonesia dengan bahasa daerah (Jawa, Sunda, Betawi, dll) atau dengan bahasa asing, didalam ilmu linguistik disebut campur kode.

Sebenarnya kalau kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional dan masuknya perkembangan bahasa Inggris di era globalisasi melalui teknologi. Sehingga, mudahnya bahasa asing merajalela didalam kehidupan.

Lalu, apakah mencampur bahasa Indonesia-Inggris itu diperbolehkan?

Saya rasa kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang memengaruhi orang-orang berbicara setengah Indonesia dan "keinggrisan".

Sebenarnya, fenomena bahasa gado-gado ini sudah tren saat tahun 2018 lalu. Namun, baru-baru ini ada penelitian dari The Qonservation yang mengatakan bahwa "Penggunaan bahasa ala anak Jaksel tingkatkan akademik siswa". Setujukah sobat?

Mari kita balik ke topik, mengetahui alasan mengapa seseorang berbicara setengah Indonesia-Inggris?

Pertama, Ingin belajar Bahasa Inggris
Terkadang bagi mereka seorang pemula yang ingin mempelajari bahasa Inggris suka lupa dengan kosakata yang sudah dihapal. Jadi, terkadang mereka hanya mengatakan subjeknya saja atau kata-kata yang hanya diingatnya. Jadilah, bahasanya seperti gado-gado.

Kedua, Terlihat keren dan valid
Pernahkah anda menemui orang-orang yang sedang berbicara, seperti sedang diwawancara atau debat. Lalu, mereka mencampur bahasa Indonesia dengan Inggris. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan