Mohon tunggu...
Rosmani Huang
Rosmani Huang Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Enjoy this life with positive thinking

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Menikmati Kuliner Khas Cirebon, Kota Udang

14 Juli 2020   16:00 Diperbarui: 14 Juli 2020   16:04 252 43 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Kuliner Khas Cirebon, Kota Udang
Berpose di depan RM Nasi Jamblang Ibu Nur, kuliner khas Cirebon (dokpri)

Bandung, Lembang ataupun Bogor merupakan pilihan akhir pekan bagi warga Jakarta. Tetapi tidak ada salahnya sesekali merasakan akhir pekan di Cirebon, Kota Udang yang dapat ditempuh  sekitar 3 jam perjalanan  dengan kereta api.

Berawal dari ajakan teman untuk menjajal kereta api ke Cirebon, akhirnya tanggal 28-29 September 2019 kami bertiga pun berangkat. Kami tiba di Cirebon sekitar jam makan siang.  

Begitu keluar dari stasiun, kami lihat di depan stasiun ada beberapa tempat makan yang menjual empal gentong. Karena memang sudah saatnya mengisi perut maka kami pun mampir ke salah satu tempat makan yang ada di depan stasiun tersebut. Yang diincar temanku adalah empal gentong.

Kalau kita ke suatu daerah maka tentu kita ingin menjajal makanan khas daerah tersebut. Maka selama 2 hari di Cirebon, tentu saja tidak kami sia-siakan kesempatan tersebut.  Berikut beberapa makanan khas Cirebon yang kami jajal :

EMPAL GENTONG & TAHU GEJROT

Empal Gentong & Tahu Gejrot (depan stasiun Cirebon), dokpri
Empal Gentong & Tahu Gejrot (depan stasiun Cirebon), dokpri
Empai gentong merupakan  makanan khas masyarakat Cirebon.  Menurut wikipedia, makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. 

Tadinya saya pikir empal gentong itu semacam empal goreng kering, tetapi ternyata jauh berbeda  dari yang saya bayangkan 😊

Saya tidak  makan daging sapi. Tetapi kalau terpaksa, maka daging sapi yang dimasak rendang masih saya makan. Jadi otomatis saya tidak memesan empal gentong. Saya memesan tahu gejrot dan es buah, sedang 2 temanku memesan empal gentong. Menurut mereka layak dicoba.

Tahu gejrot merupakan makanan khas Cirebon juga. Dibuat dari tahu gembos yang dicampur dengan kuah kecap, gula merah, bawang merah dan cabe rawit. 

Tahu gejrot merupakan salah satu makanan kesukaan saya. Selama di Cirebon, saya sempat makan tahu gejrot selama dua hari berturut-turut ☺️ 

Hanya kalau dibandingkan dengan yang saya makan di Kuningan, menurut saya rasanya lebih enak di Kuningan dibanding yang saya makan di Cirebon ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x