Rosmani Huang
Rosmani Huang Mohon Tunggu... Karyawan swasta - Karyawan Swasta

Enjoy this life with positive thinking

Pesona Nusa Ela Resort di Pulau Tiga, Maluku Tengah

14 Januari 2019   06:15 Diperbarui: 8 Juli 2020   12:22 1538

Pulau Tiga terletak di bagian barat utara pulau Ambon dan masuk wilayah desa Ureng, Kecamatan Leihutu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Perjalanannya sekitar 10-20menit dengan menggunakan kapal motor dari desa Ureng.

Dinamakan Pulau Tiga, karena di sana berjejer 3 pulau sehingga dinamakan Pulau Satu, Pulau Dua dan Pulau Tiga. Pulau Dua tidak berpenduduk sedang di Pulau Satu dan Tiga ada penduduknya.

Berdasarkan informasi yang saya terima dari pak Haikal, pemilik Nusa Ela Resort sekaligus pemilik iLMi Tour (iLMi=I Love Maluku Indonesia) yang mengurus perjalanan kami ke Kepulauan Kei+Ambon+Ora Beach, dari ketiga pulau ini, hanya Pulau 3 yang pantainya berpasir putih dan luas sedang pulau lainnya pantai berbatu. Pulau 1 & 2 masuk wilayah desa Asilulu.

Pulau 3, Nusa Ela adalah dusun dari desa Ureng. Dari bahasa Ureng, Nusa = Pulau & Ela = Besar, jadi Nusa Ela artinya Pulau Besar. Di Pulau 3 masih berdasarkan info pak Haikal, terdapat 68KK. Dan hanya disinilah terdapat resort yaitu Nusa Ela Resort.

Pulau 3 tidak hanya menyajikan keindahan bawah lautnya saja tetapi keindahan alam di daratnya membuat saya terkagum-kagum. Terdapat batu-batu besar serta pepohonan dengan view laut yang membuat saya betah di sana. Benar-benar masih alami.

Pada hari kelahiran Yesus, kami meninggalkan Langgur jam 06.00 waktu setempat. Jam 07.25 kami sudah tiba di Bandar Udara Pattimura. Begitu keluar kami sudah disambut oleh pak Memed yang akan menemani kami selama perjalanan di Ambon, Maluku.

Karena perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 1.5-2jam, maka kami minta ijin untuk sarapan dulu di cafe dekat bandara. Saya memesan bakmie ayam dan ternyata rasanya yummy. Selesai makan tanpa membuang  waktu kami memulai perjalanan menuju Pulau 3.

Sempat singgah ke beberapa tempat wisata untuk foto-foto seperti Pantai Huluwa, Desa Larike dan Batu Layar (akan saya tuliskan di artikel lain).

Kapal yang kami tumpangi berhenti tepat di depan Nusa Ela Resort. Kapal tersebut merupakan milik Nusa Ela Resort yang difungsikan untuk menyeberangkan tamu, mengangkut air  dari desa Ureng karena di Pulau 3 tidak ada air dan mengangkut kebutuhan pokok lainnya.

Begitu sampai di Nusa Ela Resort, kami dibuat terpesona oleh keindahannya. Air lautnya sangat jernih dengan pantai pasir putihnya. Saking jernihnya kita sampai bisa menikmati pemandangan bawah lautnya dengan jelas. Ada beberapa tamu yang sedang berenang di depan resort saat itu. Cuaca cukup terik pada saat kami tiba, karena sudah menjelang tengah hari.

Kami disambut oleh pak Haikal. Dan disajikan "welcome drink". Saat cuaca begitu terik, sajian minuman dingin terasa menyenangkan. Setelahnya kami diantar ke kamar kami.