Mohon tunggu...
Rosmani Huang
Rosmani Huang Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Enjoy this life with positive thinking

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Derawan, Akhirnya Kudatang!

16 Desember 2017   06:15 Diperbarui: 8 Juli 2020   12:35 2146 26 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Derawan, Akhirnya Kudatang!
Difoto dari depan penginapan (dokumen pribadi)

Derawan, akhirnya kudatang juga! Yeah,,,,setelah rencana untuk ke Derawan yang sempat tertunda berkali-kali karena kekurangan teman yang mau ikut, akhirnya kuputuskan untuk ikut open trip. Dengan open trip ternyata kita tidak perlu memusingkan untuk mengumpulkan jumlah peserta. 

Berdua dengan temanku, Indri, akhirnya kami ikut open trip dengan belibur.com tanggal 30 November 2017 sampai tanggal 03 Desember 2017. Terdapat banyak travel yang menawarkan untuk ikut open trip yang pasti berangkat tiap minggu untuk berlibur ke pulau Derawan. Ternyata tidak salah memutuskan ikut open trip karena akhirnya kami malah mendapatkan teman yang sama-sama suka pantai :-)  Sudah merencanakan untuk ke Labuan Bajo dan Raja Ampat ramai-ramai nantinya. Semoga bisa terlaksana ya ;-)

Cara Menuju ke Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Derawan,  Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Akses menju ke sana ada dua yaitu melalui Berau & Tarakan. 

Kalau memilih lewat Tarakan, maka setiba di Bandar Udara Internasional Juwata melanjutkan ke Pelabuhan Tengkayu yang memakan waktu kurang lebih 15menit. Dari sana dilanjutkan dengan naik speedboat ke pulau Derawan selama kurang lebih 3 jam.

Kami memilih untuk lewat Berau. Perjalanan ke pulau Derawan cukup panjang. Dari Jakarta kami ikut penerbangan jam 06.00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta. Sampai di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan jam 09.00 WITA. 

Sempat transit di sana selama 2 jam. Setelahnya dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan jam 11.00 dan sampai di Berau jam 12.00. Sesampainya di Berau, kami dijemput untuk menuju ke Tanjung Batu yang memakan waktu kurang lebih 2,5jam. Sempat singgah di pertengahan jalan untuk makan siang. Jalan menuju ke Tanjung Batu sudah bagus, tetapi ada beberapa titik yang berlobang-lobang. 

Semoga dapat segera diperbaiki oleh dinas terkait. Sampai di Tanjung Batu sudah menunjukkan jam 16.00. Dari Tanjung Batu kami menyeberang ke Pulau Derawan menggunakan speedboat yang memakan waktu kurang lebih 30menit. 

Akhirnya jam 16.30 an kami sampai juga di Pulau Derawan. Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, tetapi setiba disana semua rasa capek & lelah sirna berganti senang dan sumringah,,,,karena airnya bening sekali dan pemandangannya yang bagus dan menenangkan, serasa pulang ke kampung halamanku di Sinaboy :-)

Airnya bening banget! (dokumen pribadi)
Airnya bening banget! (dokumen pribadi)
Foto di depan penginapan (dokumen pribadi)
Foto di depan penginapan (dokumen pribadi)
View dari penginapan (dokumen pribadi)
View dari penginapan (dokumen pribadi)
View Pulau Derawan (dokumen pribadi)
View Pulau Derawan (dokumen pribadi)
Bulu babi di depan penginapan (dokumen pribadi)
Bulu babi di depan penginapan (dokumen pribadi)
Pulau Derawan yang dilihat dari sisi darat (dokumen pribadi)
Pulau Derawan yang dilihat dari sisi darat (dokumen pribadi)
Penginapan di Derawan

Terdapat banyak sekali penginapan yang ada di Derawan. Banyak juga homestay yang ada.  Dari yang penginapannya di atas air maupun yang berada di darat. Kebetulan kami menginap di  Derawan Fisheries. Yang sempat diabadikan dalam gambar adalah 3 penginapan berikut ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN