Mohon tunggu...
Rosmani Huang
Rosmani Huang Mohon Tunggu... Karyawan swasta - Karyawan Swasta

Enjoy this life with positive thinking

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jelang 3 Tahun di Kompasiana

26 Oktober 2017   09:48 Diperbarui: 8 Juli 2020   12:37 1028
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tepat tanggal 22 Oktober 2017 Kompasiana merayakan ulang tahunnya yang ke-9. Menjelang ulang tahunnya, Kompasiana selalu menggelar Kompasianival. Kompasianival kali ini diadakan di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan tanggal 21 Oktober 2017.

Saya bergabung di Kompasiana kurang lebih 3 tahun yang lalu, tepatnya 10 Desember 2014. Selama 3 tahun ini saya tidak pernah menghadiri Kompasianival, bukan karena saya tidak ingin, tetapi karena belum ada kesempatan karena ada saja halangan pada saat berlangsungnya Kompasianival tersebut.

Tentu saja ada kenangan-kenangan yang hadir selama 3 tahun bergabung di Kompasiana. Dari yang tadinya tidak tahu apa itu  Kompasiana, sampai akhirnya tahu setelah secara tidak sengaja membaca artikel yang di tulis oleh bapak Tjiptadinata Effendi dan akhirnya tergerak untuk memberikan komentar seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel "Terima Kasih, Pak Tjiptadinata Effendi".

Kenangan apa yang di dapat setelah bergabung di Kompasiana

Berawal dari tulisan pak Tjiptadinata Effendi, akhirnya saya mendapati tulisan-tulisan dari kompasianer-kompasianer lain yang tidak kalah menarik, inspiratif, aktual dan bermanfaat. Ada banyak tulisan kompasianer lain yang tidak pernah luput saya baca. Dari tulisan-tulisan mereka saya bisa mengikuti perkembangan yang terjadi di negara kita tercinta ini maupun di luar negeri. Dari tulisan-tulisan mereka, saya bisa mengetahui tempat wisata yang menarik di Indonesia maupun di luar negeri. Dan dari mereka saya bisa membaca cerpen, cermin, cerbung dan puisi secara gratis dan tidak kalah menarik dan inspiratif.

Saya bukan penulis. Tetapi setelah memutuskan untuk mendaftar di Kompasiana, yang tadinya hanya untuk memberikan vote dan komentar untuk artikel yang saya baca, akhirnya saya tertarik untuk mencoba menulis dengan belajar dari tulisan-tulisan kompasianer lainnya. Kebetulan artikel wisata adalah satu-satunya artikel yang gampang untuk ditulis bagi seorang pemula. Jadi saya menggunakan Kompasiana untuk menuliskan tempat wisata yang saya datangi. Tentu saja bukan untuk pamer, tetapi secara tidak langsung saya jadikan Kompasiana sebagai wadah untuk menuliskan tempat yang saya kunjungi yang nantinya menjadi pengingat apabila saya tua nantinya.  Karena sebelum bergabung di Kompasiana, kalau ditanya oleh saudara atau teman tentang tempat wisata yang saya kunjungi, lebih sering lupa dari ingatnya. Tentu saja saya berharap dan senang apabila artikel yang saya tulis tersebut bisa bermanfaat untuk orang lain juga.

Pada saat bergabung tersebut kebetulan di kantor saya lebih banyak nganggur daripada kerja. Jadi kalau misalnya ada event, saya selalu tertarik untuk mengikutinya, bukan karena saya pintar menulis, tetapi lebih untuk menghabiskan waktu dan ikut meramaikan event tersebut. Dan beruntung beberapa kali saya mendapatkan hadiah dari event yang saya ikuti, diantaranya:

- Saya mendapatkan hadiah kaos Kriko.
Pada waktu ikut event surat menyurat yang diadakan oleh Fiksiana Community dalam rangka "Hari Surat Sedunia" yang jatuh pada tanggal 09 Oktober. Event yang terselenggara pada tanggal 10-12 Oktober 2015 telah melahirkan 93 surat dari 70 peserta pada rubrik Fiksiana di Kompasiana, ternyata surat yang saya tujukan Kepada Bapak Tjiptadinata Effendi dan bu Roselina Effendi terpilih sebagai surat yang paling menarik.

Kaos Kriko
Kaos Kriko
- Saya mendapatkan pulsa Rp 25.000,- sebagai hadiah hiburan pada waktu mengikuti event menulis Mudasiana bertema "Bagaimana caramu mengisi masa muda?"
Ternyata artikelku "Bangganya kuliah sambil kerja" terpilih untuk mendapatkan hadiah hiburan.

- Saya mendapatkan paket buku dari penerbit Kanisius sebagai  hadiah pada waktu mengikuti event menulis puisi natal yang diselenggarakan oleh Fiksiana Community pada tanggal 23 Desember 2015. Ternyata puisi natal Kasih Yesus termasuk salah satu  dari 10 puisi yang terpilih.

Paket buku dari penerbit Kanisius
Paket buku dari penerbit Kanisius
Dan yang paling penting dari itu, adalah mendapatkan teman baru. Walaupun hanya berteman di dunia maya. Pertemanan yang berawal dari komentar dan vote, tanpa pernah bertemu  secara nyata,  ternyata begitu indah. Walaupun tidak saling kenal secara  nyata, tidak menggurangi keinginan untuk saling membantu waktu dimintai  tolong, seperti kompasianer Mas Wahyu yang tidak segan membagikan  ilmunya ketika ditanya cara untuk menyisipkan keterangan dalam gambar  untuk artikel lewat komentar, dengan di buatkannya artikel "Cara sisipkan keterangan dalam gambar untuk artikel di Kompasiana".  Mudah-mudahan ke depannya bisa saling bertemu muka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun