Mohon tunggu...
Sirpa
Sirpa Mohon Tunggu... dah tuwir , dah pensiun ... bermukim di Kali Pornia, masih Paspor Ijo

PRIA , lahir dikota anging mammiri , yg ketika itu sedang bergejolak peristiwa andi aziz.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Cicadas Menyerang Amerika

27 Juni 2013   01:34 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:22 646 7 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cicadas Menyerang Amerika
13722687771590506185

Mula mulanya sih saya juga kaget sewaktu baca berita media online yang memberitakan adanya penyerbuan Cicadas yang menyerang beberapa Negara Bagian Pantai Timur Amerika. Asosiasi pikiran sayapun  melayang layang, sepertinya nama Cicadas itu adalah nama 'sesuatu' yang ada hubungannya dengan orang atau tempat yang ada dibumi Priangan seperti halnya Cibodas, Ciliwung ataupun Cimahi . Pokoknya lamunan saya pada waktu itu bahwa nama nama yang berawalan dengan kata CI ini atau CI itu , pastinya akan mengecoh pembaca yang berasal dari Indonesia ( terutama saya ini , jadi kesannya agak sedikit bloon ) ... ha ha . *** Kejadian penyerangan oleh segerombolan yang disebut Cicadas ini terjadi disaat rakyat Amerika hendak memperingati Memorial Day 2013 yang jatuh pada 27 May yang lalu . Gerombolan Cicadas ini menyerang sebagian besar Negara bagian Pantai Timur Amerika (East Coast) yaitu : North Carolina , Virginia , Penssylvania , Maryland, New Jersey , New York dan Connecticut . Saya pun kaget . Ternyata gerombolan yang jumlahnya milyaran itu adalah serangga yang dikenal dengan nama Cicadas ! Pengucapan kata Cicada pun bervariasi , ada yang mengucapkan seperti : si-KAY-duh atau si-KAH-duh. Tetapi tidak sedikit ada yang mengucapkan dengan chi-KAH-duh atau chi-KAY-duh [caption id="attachment_251513" align="aligncenter" width="414" caption="Cicadas , ciri2 bermata merah dan ber-body hitam ( www.huffingtonpost.com ) "][/caption] Cicadas itu sendiri , kalau ditanah air kita ada memiliki beberapa nama panggilan . Ada yang menyebut Tonggeret , Riang-Riang , Uir- Uir ataupun  Ri e -Ri e . Orang Sunda pun menyebutnya Cengreret dan kalau di Jawa, serangga Tonggeret ini dikenal dengan nama Garengpung. *** Serbuan hama Cicadas di East Coast Amerika kali ini adalah merupakan sebuah serbuan yang datangnya dalam siklus yang berjangka setiap 17 tahun sekali dan gerombolan serangga ini akan datang kembali dalam jumlah yang lebih besar lagi . Cicadas mengeluarkan suara bising (noise pollution ) yang berkekuatan antara 90 - 110 decibels (dB ) Coba bandingkan dengan kebisingan yang dikeluarkan oleh :

  • klakson mobil = 107- 109 dB
  • kereta api di amerika -- minimum diprogramkan sebesar 96 dB bila diukur dari jarak 100 feet ( 30.48 Meter ) didepan Kereta Api tsb .
  • trucks = 117-118 dB
  • sirene mobil  polisi /ambulans /pemadam kebakaran  = 120 dB

Catatan :  tingkat kebisingan yg bisa ditolerir oleh telinga manusia itu bervariasi , pada ketinggian 140 dB dapat membuat kerusakan indera pendengar kita secara permanen. Dari sejumlah  2500 jenis Cicadas yang ada didunia , 75 jenis nya terdapat  di Amerika Utara dan salah satu jenis Cicada yang menyerang Pantai Timur Amerika baru baru ini ialah dikenal nama Brood II yang memiliki ciri ciri sbb :

  • panjang badan 1.5 Inch atau sekitar 4 Cm , memiliki 2 buah mata berwarna , badannya berwarna hitam,  memiliki sepasang sayap yang transparan
  • serangga ini tidak dianggap berbahaya thd manusia karena tidak menyengat / menggigit
  • siklus kedatangan serangga ini ialah 17 tahun sekali , berarti mereka akan kembali pada tahun 2030 yang diperkirakan sekitar bulan April s/d June dikala suhu temperaturnya mendekati 64 Fahrenheit ( 17.77 Celcius)
  • cuma bisa bertahan hidup selama 4 hingga 6 minggu .. setelah berkawin-mawin maka Cicadas betina pun bertelur dan menyimpannya dibawah akar akar pohon didalam tanah .. lalu kemudian mati seakan akan mengikuti cycle of life - tradisi turun temurun dari lingkaran garis kehidupan mereka .

Penulis teringat semasa remaja sewaktu di Balikpapan , bahwa sering juga adanya musim serangga Tonggeret , yang muncul ketika musim buah langsat tiba. Entah ada hubungan nya apa tidak pasti memerlukan penelitian lebih jauh. So long Cicadas ... Sampai ketemu lagi ditahun 2030 dengan nyanyian kebisingan mu yang terdengar bersahut-sahutan! Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Brood_II

VIDEO PILIHAN