Mohon tunggu...
Berliana Siregar
Berliana Siregar Mohon Tunggu... Freelancer - Daulat Hati, tubuh dan Rasa

Do your job Pikirkan hal-hal ringan @@##Kreatiflah@!!!

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ikan Mas Arsik dalam Limpahan Minyak Alami

9 November 2021   12:29 Diperbarui: 9 November 2021   12:45 189 9 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: www.langsungenak.com

Berbagai penelitian dan temuan menyebutkan bahwa pangan yang tidak sehat yang  kita konsumsi saat ini menyebabkan semakin banyaknya penyakit yang muncul antara lain stroke, diabet, dan berbagai penyakit lainnya. Dan persoalan penyakit ini hampir melanda setengah dari populasi dunia.  

Pangan yang tidak sehat juga dikarenakan proses produksi pangan tidak memperhatikan keberlangsungan bumi, menggunakan input kimia berbahaya dalam jangka panjang serta menghancurkan keanekaragaman di seluruh dunia. Dan pada akhirnya membuat kesengsaraan pada manusia itu sendiri.

Padahal jika ditelisik lebih jauh, berbagai jenis pangan yang ada di Indonesia pada dasarnya adalah sehat. Terutama pangan yang diolah dari berbagai jenis tanaman lokal yang hidup dan tumbuh alami sesuai kekhasan masing-masing. Semua sumber pangan yang tumbuh ternyata memiliki berbagai nutrisi, vitamin, lemak baik, kandungan gizi dan elemen yang lengkap untuk pertumbuhan manusia. 

Sumber: www.justtryandtaste.com
Sumber: www.justtryandtaste.com

Jadi, walaupun kita mengolah makanan tanpa minyak yang berasal dari kelapa sawit, bahwa elemen minyak atau lemak pada dasarnya sudah ada terkandung dalam bahan-bahan yang kita siapkan untuk membuat sebuah jenis makanan tertentu. Apa contohnya?

Ikan Mas Arsik

Jenis makanan dari Tapanuli ini tidak membutuhkan minyak kelapa sawit. Tetapi semua rasa ada disini. Gurih, asam, lezat, maknyos. Karena bahan utama ikan mas sendiri sudah mengandung oily/minyak baik bagi tubuh. 

Berbagai rempah lokal mulai dari kunyit, kemiri, andaliman, cabe, bawang juga memiliki komposisi oily yang baik untuk tubuh. Campuran berbagai jenis pilihan sayur dan juga tambahan bumbu seperti Asam Cikala, Rebung, Kacang panjang, atau sayur lain yang kita sukai menambah komposisi oily menjadi sempurna.

Ketika semua bumbu bertemu dalam satu kuali maka transformasi minyak/oily berproses dengan sempurna setelah mengalami pencampuran, perebusan, penguapan, pengeringan. 

Dalam proses akhir, ikan mas arsik menjadi olahan terlezat dengan komposisi minyak paling sempurna. Jika ini sudah terjadi maka minyak alami yang ada di dalamnya tidak lagi menjadi penyakit. Tetapi sudah menjadi pangan sehat yang baik untuk pertumbuhan manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan