Edukasi Pilihan

Perbaiki Kasih dalam Ramadan

13 Juni 2018   00:00 Diperbarui: 13 Juni 2018   00:15 283 0 0
Perbaiki Kasih dalam Ramadan
Sumber: Anak-anak Palestina dari netralnews

Kita adalah makhluk kasih. Kita diciptakan Tuhan dengan kasih-Nya. Kita membiasakan diri dengan mengucapkan Kasih Tuhan, "Bismillahirrahmanirrahim." Kasih sayang melingkupi kita semua.

Masalahnya, beberapa orang setelah lahir, remaja dan dewasa sikap kasih merosot bahkan beralih menjadi sikap kasar dan benci. Kenapa? Beberapa orang lebih suka mengampanyekan kebencian daripada kasih sayang. Mereka yang mempromosikan rasa benci terhadap orang lain, apalagi kalau sampai harus benci berlebihan merupakan tanda lemah iman dan kurang amal ibadah.

Kasih sayang dapat diperbaharui dengan menginsafi diri, betapa besarnya nikmat dan rahmat Tuhan kepada kita. Sebagai muslim dan muslimat kita terbiasa membaca "Bismillahirrahmanirrahim." Membiasakan ucapan itu dapat mendorong kesadaran untuk selalu menebar kasih sayang kepada manusia, hewan, dan alam.

Ramadan ini dapat menjadi salah satu sarana kasih. Sebab dalam Ramadan, berbagai amal ibadah bernilai lipat ganda. Bahkan ada satu malam yang disebut dengan lailatul qadar. Kadarnya lebih baik daripada seribu bulan.

Seribu bulan menebar kasih sayang sesuai dengan kadar kemampuan yang kita miliki. Seorang yang memiliki sifat kasih sayang akan dapat merasakan betapa banyaknya kasih sayang dalam kehidupan ini. Sebaliknya, orang minus kasih sayang cenderung mengalami rasa kekurangan dalam kehidupan sehingga yang kerap muncul menjadi ujaran kebencian.

Siapa saja yang kerap mempromosikan kebencian barangkali mereka sejak dalam kandungan keluar dari garis rahim menjadi rajam, mereka suka ghadab dan marah-marah sejak dalam kandungan hingga remaja dan dewasa, penyakit mereka adalah rasa benci dan iri.

Maka dalam Ramadan ini, terutama setekah Ramadan ini menjadi Syawal Idul Fitri, sifat, sikap, dan perilaku kasih kembali diperbaharui dengan memaknai amalan Ramadan. Jadi, ayolah memperbaiki kasih selamanya. Terkhusus pada Ramadan.