Mohon tunggu...
Muda

Kedatangan Islam di Indonesia

27 Desember 2016   09:32 Diperbarui: 27 Desember 2016   10:04 30 0 0 Mohon Tunggu...

Islam datang di indonesia di latar belakangi oleh datangnya pedagang-pedagang dari india,arab timur tengah dan persia. Sejak awal abad masehi sudah ada jalur-jalur pelayaran dan perdagangan antar pulau indonesia di berbagai daerah daratan asia tenggara Islam datang di indonesia dengan damai. Letak Indonesia yang strategis menyebabkan timbulnya bandar-bandar perdagangan yang turut membantu mempercepat persebaran tersebut. Penduduk indonesia dikenal sebagai pelayar di lautan lepas sejak jaman prasejarah.

Islam datang keindonesia pada abad ke-13M dari Gujarat (bukan dari arab langsung). Islam masuk pada abad pertama Hijriyah (abad ke-7 sampai 8) dengan bukti jalur pelayaran yang ramai dan bersifat itetrnasional sudah dimulai jauh sebelum abad ke-13 (yaitu sudah ada sejak abad ke-7 M) melalui selat Malaka yang menghubungkan Dnasti Tang di Cina (Asia Timur), Sriwijaya di Asia Tenggara dan Bani Umayyah di Asia Barat.

Masuknya islam di Indonesia tidak dalam waktu yang bersamaan. Di samping itu,keadaan politik dan sosial budaya daerah-daerah ketika didatangi islam juga berlainan. Datangnya orang-orang muslim ke daerah itu sama sekali belum memperlihatkan dampak-dampak politik, karena mereka datang memang hanya untuk usaha pelayaran dan perdagangan.Dalam munculnya pemukiman-pemukiman muslim di kota-kota pesisir menjelang abad ke-13M, di pesisir Aceh sudah ada pemukiman muslim. Pesentuhan antara penduduk bumi dengan pedagang muslim dari Arab,Persia dan india memanng pertama kali terjadi di daerah ini.

Datangnya islam juga dibawa oleh para wali-wali yang berada di pulau jawa. dengan adanya para wali yang berjumlah sembilan atau disebut dengan Wali Songo, islam lebih mudah diterima oleh masyarakat indonesia. Melalui kesenian,pendekatan budaya,pendekatan kultural, dan banyak lagi metode-metode yang digunakan.

Jadi dapat disimpulkan islam masuk di indonesia berlangsung secara damai dan menyesuaikan dengan trradisi penduduk lokal. Ajaran islam yang tidak mengenal perbedaan masyarakat membuat ajaran ini sangat diterima penduduk lokal. Proses masuknya islam dilakukan dengan cara: Perdagangan,Perkawinan,Pendidikan dan Kesenian.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x