Mohon tunggu...
Fachrur Rozi Nasution
Fachrur Rozi Nasution Mohon Tunggu...

>> Saya hanya lah kumpulan Hari - hari yang sesungguhnya jika hari berkurang maka berkurang juga umur saya. >> Saya sering menghabiskan waktu di depan layar laptop berjam-jam untuk online dan atau membaca ebook. >> Founder & CEO https://tokoandalan.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Sebuah Perencanaan Sebelum Kegiatan

29 November 2012   23:34 Diperbarui: 25 Mei 2018   06:39 3819 0 0 Mohon Tunggu...

Selamat pagi kompasia…

Dalam setiap diri manusia tentunya tidak ada yang pengen dirinya gagal. Baik gagal dalam percintaan, rumah tangga, bisnis, dan bahkan kegiatan. Berbagai cara dilakukan orang untuk meminimalisir terjadi kegagalan dalam dirinya. Namun tidak banyak orang yang jatuh pada lobang sama, hal ini bisa dikarenakan tidak adanya perencanaan yang matang dalam dirinya untuk kegiaatan yang akan dilakukan. Atau bisa juga di karenakan tidak adanya evaluasi yang dilakukannya pada saat kegiatan yang dilakukannya.

Maka dari itu saya akan mencoba berbagi pengalaman buat anda semua cara untuk meminimalisir jatuhnya seseorang kelobang yang sama, yang jika anda mengikuti langkah-langka ini Insya Allah kesuksesan akan menghampiri anda.

J

Adapun tips untuk meminimalisir jatuhnya anda kepada lobang yang sama adalah dengan memperhatikan 3 poin berikut:

1. Perancanaan

Poin yang pertama yang harus benar-benar anda perhatikan adalah perencanaan. Ketika anda ingin pacaran anda diharuskan punya rencana. Begitu juga jika anda ingin membuat suatu kegiatan maka perencaaan sebelum kegiatannya itu harus anda perhatikan. Didalam perencanaan ini anda harus mempunyai konsep yang jelas akan kegiatan yang anda lakukan. Selain konsep yang harus anda perhatikan adalah tujuan dari apa yang akan anda lakukan. Yang tidak kalah penting juga adalah manfaat dari suatu kegiatan yang akan anda lakukan.

Jadi supaya kegiatan yang akan anda lakukan anda harus punya jawaban poin-poin berikut ini:

a. Apa konsep anda dalam kegiatan yang akan anda lakukan?

b. Apa tujuan dari kegiatan yang akan anda lakukan?

c. Dan apa manfaat kegiatan yang akan anda lakukan?

Konsep… ya, konsep ini harus anda pikirkan secarang matang ketika membuat suatu kegiatan. Karena suksesnya suatu kegiatan yang akan anda lakukan tergantung kepada konsep yang anda rencanakan. Jika konsep yang akan anda lakukan tidak di pikirkan secara matang, maka kemungkinan kegiatan yang akan anda lakukan menuai kegagalan. Begitu juga sebaliknya jika konsep kegiatan yang akan anda lakukan matang, maka besar kemungkinan suatu kegiatan yang akan anda lakukan akan sukses.

Tujuan dari kegiatan yang akan adan lakukan harus jelas. Motivasi yang membuat anda membuat suatu kegiatan itu apa. Selain itu anda juga harus mengetahui manfaat kegiatan yang akan anda lakukan sehingga ada motivasi buat anda untuk mensukseskan kegiatan yang akan dilakukan.

2. Pelasaksaan

Jika perencanaan (konsep, tujuan dan manfaat) sudah ada. Maka tibalah saat pelaksanaan. Pelaksanaan yang anda lakukan terebut, usahakan jangan meleset dari apa yang anda rencakan (konsep, tujuan dan manfaat). Jika ternyata anda melenceng dari apa yang anda konsep dalam perencanaan tersebut maka itu kemungkinan anda tidak matang dalam pembuatan perencanaan sebelumnya.

 

3. Evaluasi

Setelah selesai pelaksanaan kegiatan apa yang anda kosep sebelumnya, maka tibalah saatnya anda lakukan evaluasi dari poin 1 dan 2. Disini anda perhatikan perencenaaan yang anda buat sebelumnya dalam kegiatan tersebut. Apakah ada kekurangan-kekuarangan yang ada dalam kegiatan tersebut. Sehingga untuk kedepannya jika anda kembali mengadakan kegiatan serupa, anda sudah bisa memperbaiki hal-hal yang anda rasa perlu di perbaiki.

Disamping itu anda juga harus perhatikan tujuan anda sebelumnya untuk mengadakan kegiatan tersebut. Apakah tujuan-tujuan anda sudah tercapai setelah diadakannya kegiatan tersebut. Jika ternyata tujuan sebelumnya melenceng dari apa yang harapkan sebelumnya. Ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan buat anda jika kembali mengadakan kegiatan kedepannya.

Jika poin-poin diatas anda lakukan dengan benar, maka kemungkinan besar anda tidak akan jatuh kelobang yang sama. Dan pada akhirnya Insya Allah anda akan meraih kesuksesan.

Wallahu’alam


By: Founder & CEO Tokoandalan.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x