Mohon tunggu...
Sintya Dewi
Sintya Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Sriwijaya

Mahasiswi Universitas Sriwijaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dinamika Kelompok "Komunitas Peduli Alam Wisata (KOMPAS) Ranau"

28 September 2022   23:19 Diperbarui: 30 September 2022   18:46 240 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ranau merupakan salah satu daerah yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Ranau memiliki danau terluas ke-2 di sumatera setelah danau Toba yaitu yang dikenal dengan Danau Ranau. Wisata Danau Ranau memiliki pesona lain berupa Air terjun subik tuha, Air Terjun Niagara Ranau, Ranau Rafting Adventure, Pulau Marisa, dan masih banyak lagi.

Penataan kawasan sekitar Danau Ranau, sekarang sudah semakin memancarkan pesona keindahan yang mampu memdatangkan pengunjung, baik lokal, nasional, bahkan ada juga wisatawan mancanegara yang datang. Oleh karena itu maka terbentuklah kesadaran salah satu masyarakat untuk menggerakkan Komunitas Peduli Alam Wisata (KOMPAS) Ranau yang diketuai oleh Bapak Fe'I. KOMPAS bertujuan untuk menjaga pesona alam yang ada di Ranau agar tetap eksis di luaran sana ingin bersama2 dengan masyarakat dan pemerintah bagaimana menjaga alam wsata? bagaimana memajukan alam wisata? dan juga jangan sampai ada investor tapi orang ranau tidak bisa berbuat apa-apa.

whatsapp-image-2022-09-28-at-22-02-01-6336d3fafdf1c520e41a2ca2.jpeg
whatsapp-image-2022-09-28-at-22-02-01-6336d3fafdf1c520e41a2ca2.jpeg
whatsapp-image-2022-09-28-at-22-01-56-6336d40dfdf1c527c00c9502.jpeg
whatsapp-image-2022-09-28-at-22-01-56-6336d40dfdf1c527c00c9502.jpeg
Komunitas Peduli Alam Wisata (KOMPAS) Ranau dibentuk tidak hanya untuk menjaga keindahan wisata yang ada melainkan mereka juga membantu masyarakat Ranau yang semisalnya terkena musibah kebakaran, longsor, dll, dan membersihkan sekitaran danau. Mereka juga sebagai tour guide (pemandu wisata) serta memajukan UMKM yang ada.

KOMPAS Ranau mempunyai Visi Misi yaitu:

  • Kerja Ikhlas, karena KOMPAS memang peduli.
  • Kerja Cerdas, karena semua butuh pemikiran.
  • Kerja Tuntas, karena semua pekerjaan yang sudah dimulai itu harus diselesaikan.
  • Jaga Alam Kita, karena kita diberikan alam yang indah.
  • Pupuk Persaudaraan, karena membangun silahturahmi.
  • Rawat Budaya Kita, karena budaya ranau luar biasa.
  • Majukan Wisata Kita, itu menjadi tuga skita dalam mempromosikan wisata yang ada di Ranau.
  • Berantas Pungli, supaya tidak ada wisatawan yang takut untuk datang karena ada pungli-pungli.
  • Bangun Sinergi, itu kerjasama kita dengan pemerintah dan stakeholder lainnya yang peduli.

Filosofis KOMPAS Ranau

Yakin, segala sesuatu yang di niati dengan besmillah tidak akan mundur ditengah jalan, kita hanya punya keinginan tapi Allah tau apa yang kita butuhkan. Semoga setiap langkah menjadi berkah dan usaha berbuah indah.

KOMPAS mengatakan seorang pemimpin itu bukan orang besar, pemimpin itu orang yang dapat menggerakkan orang-orang biasa untuk mendapatkan yag lebih baik. Dengan kompas ranau bersatu kita bekerja membangun dan mempromosikan alam wisata dan budaya ranau. KOMPAS memiliki mindset "Kalau kita berada di kawasan wisata itu bukan kita yang dilayani tapi kita harus melayani wisatawan yang datang  ke Ranau, mereka datang membelanjakan uangnya pulang dengan senyum bahagia."

Ranau juga sebagai daerah penghasil kopi, KOMPAS berusaha keras membantu memajukan UMKM yang ada dengan mereka mempromosikan produk kopi Ranau yang luar biasa nikmatnya. Dengan adanya komunitas ini pengusaha UMKM terasa sangat terbantu oleh komunitas ini karena mereka menggunakan pemasaran online yang bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan, operasionalnya lebih mudah, biaya promosi pun jauh lebih hemat dan produktifitasnya meningkat. 

KOMPAS selalu mengambil gerak cepat apabila ada masyarakat ranau yang sedang kesusahan dan terkena musibah. mereka melakukan galang dana untuk membantu masyarakat. baru-baru ini ranau telah terjadi tanah longsor yang menimpa beberapa rumah warga. tidak menunggu waktu yang lama, bersama KOMPAS Bupati Kabupaten OKU Selatan langsung turun ke lapangan untuk melihat kondisi dan membantu warga.

KOMPAS Ranau termasuk kedalam kelompok sosial yang merupakan kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.  dengan adanya komunitas ini semakin terjaganya lingkuungan alam wisata ranau dan semakin banyak orang tergerak untuk bergabung dalam komunitas ini yang bekerja secara ikhlas dan merupakan pekerjaan mulia.

Dinamika kelompok merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah organisasi atau komunitas sebab tujuan dinamika kelompok yang diinginkan untuk setiap kelompok dalam organisasi berfungsi sebagai lambung dari ide yang ingin dilaksanakan, sebagai ikatan jiwa antara anggota kelompok, menjadi motivasi dalam mengadakan persaingan, menjadi perangsang untuk mendapatkan kepuasan kerja, menjadi arah yang tetap dalam menjalankan tugas kelompok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan