Mohon tunggu...
Sinta SintiaDewi
Sinta SintiaDewi Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang mahasiswa biasa

Hello.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Jaringan Buruk Bikin Gak Bersyukur

8 Februari 2018   07:29 Diperbarui: 8 Februari 2018   07:48 587
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tadi sore sekitar pukul 19.00 gue mau ikutan Try Out gratis yang diadain sama salah satu OA line yang cukup ternama dikalangan pejuang SBMPTN , dan kesempatan buat ikut Try Out itu cuman sekali yaitu hari selasa pukul 19.00, dari pagi hujan memang tak berhenti mengguyur, dingin, dan yang penting susah jaringan.

Hingga malam hujan tak berhenti dan saat gue mau buka link Try Out yang dikasih OA Line itu, jaringannya error terus "Problem loading page" terus terusan muncul dilayar laptop gue,  gue coba berkali kali dan hasilnya tetep sama "problem loading page"  udah setengah jam gue nyoba dan hasilnya tetep nihil, padahal gue cuman dikaish dispensasi waktu 30 menit, dan itu artinya gue udah ga punya waktu dispensasi lagi, padahal jaringan masih jelek.

Gue marah marah dan kesel abis sama jaringan yang jelek, gue bilang " Ini karena cuacanya jelek nih, jaringannya jadi jelek, ga bisa ikut to kan gue"  sambil terus mencoba dan mulut gue yang komat kamit ngeluh, tapi hasilnya lagi lagi gagal, gue kesel abis dan terus terusan nyalahin cuaca yang emang lagi buruk banget dua hari kebelakang.

Disaat gue terus nyoba dan hasil yang terus nihil, ocehan gue makin kasar, gue mulai ngeluarin kata kata kasar gue dalem hati, nyalahin semua yang ada disekitar gue, cuaca, laptop, jaringan dan kartu data yang dipasang dimodem gue. Ditengah ocehan ocehan kasar yang cuman bisa gue ocehin dalem hati, tiba tiba gue inget sama berita di tv yang tadi pagi gue tonton.

Yap, berita tentang cuaca buruk yang melanda Indonesia dua hari kebelakang, tentang longsor, banjir dan penderitaan sodara sodara gue diluar sana , tiba tiba umpatan umpatan gue berhenti dan berganti dengan kata " ko gue kufur nikmat banget ya" bagi gue cuaca buruk cuman berdampak sama jaringan jelek doang, sedangkan sodara sodara gue diluar sana, harus mempertaruhkan nyawa ditengah cuaca buruk yang melanda

Gue ngeluh cuman karena kehilangan kesempatan Try Out, sedangkan sodara sodara gue diluar sana, kehilangan rumah, kehilangan kebahagiaan, bahkan kehilangan nyawa. Gue jadi berfikir, mereka yang terkena dampak buruk dari cuaca yang lagi engga baik, mungkin sedang memimpikan ada di posisi gue. Tidur enak, makan enak, nonton tv dirumah, maen hp, kumpul sama keluarga dan ga perlu risau akan adanya banjir susulan atau longsor susulan

Mereka yang sedang mengungsi diluar sana, lebih menderita dari gue, masalah mereka ga sekedar jaringan yang buruk, tapi rumah yang hilang, barang berharga yang entah pergi kemana, dan kenyamanan rumah yang direnggut secara tiba tiba. Gue bener bener kufur nikmat. Gue malu sama mereka yang sedang kedinginan di pengungsian, atau yang sedang kesakitan karena tertimpa runtuhan dan mungkin mereka yang kelaparan karena ga ada makanan. Gue malu sama mereka.

Dulu, saat gue buang buang air bersih sampai dimarahin mama, gue ga pernah mikirin sodara sodara gue yang mungkin mendambakan air bersih, yang harus berjalan berkilo kilo cuman buat dapetin air bersih, gu cuman mikir " lah aer banyak ini, di buang buang dikit ga apa apa kali" padahal mereka bener bener mendambakan air bersih yang gue buang buang. Lagi dan lagi gue malu sama mereka

Gue emang belum bisa apa apa, dan belum bisa berkontribusi untuk Indonesia tercinta. tapi, semoga disuatu hari nanti, dimasa gue udah dewasa dan bukan remaja labil yang marah marah cuman karena jaringan jelek, gue bisa berguna bagi Indonesia tercinta, semoga.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun