Mohon tunggu...
rdsinta
rdsinta Mohon Tunggu... Freelancer - Content writer

| Bacalah untuk upgrade dirimu | Double Degree S1 Farmasi dan Sastra Inggris 2022, aktif dalam penulisan konten tentang berbagai informasi yang unik, menarik dan kekinian di sekitaran masyarakat | Instagram : @rdsinta_

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mindfullness untuk Hidup Lebih Nyaman

10 September 2023   08:38 Diperbarui: 10 September 2023   08:40 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Mindfulness via unsplash.com 

Weekend merupakan waktu yang tepat untuk melakukan mindfulness. Konsep mindfulness ini di percaya mampu menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Weekend  adalah waktu yang tepat untuk melepas penat dari segala kesibukan yang telah dilalui setiap hari. 

Mindfulness membantu anda untuk menenangkan tubuh, pikiran dan mengurangi stress sehingga anda dapat bebas dari pikiran negatif karena anda berusaha untuk memahami diri anda saat melakukan mindfulness.

Tujuan melakukan mindfulness ini untuk menemukan keseimbangan dalam kehidupan. Kita dilatih untuk memusatkan perhatian dan tidak membiarkan pikiran teralihkan oleh gangguan apapun. 

Sederhana, namun manfaatnya sangat besar yaitu untuk meningkatkan kesehatan kognitif, emosional dan fisik.

Beberapa praktik mindfulness yang bisa anda coba diantaranya yaitu dengan melakukan yoga, meditasi, taichi, retreat dan olah pernapasan. Dengan waktu terbaik di pagi atau malam hari. 

Jika anda memilih waktu pagi hari maka manfaatnya dapat meningkatkan fokus terhadap aktivitas yang akan anda jalani dan dapat  meningkatkan suasana hati dengan penuh kesadaran untuk menjalani aktivitas. 

Sedangkan jika anda melakukannya di malam hari maka dapat meningkatkan energy dan kualitas tidur anda akan lebih baik sehingga tidak terdistraksi oleh hal-hal yang menganggu istirahat anda di malam hari.

Mindfulness ini dapat dilatih sehingga anda dapat memiliki konsentrasi lebih tinggi sekaligus manajemen stress yang lebih sehat. Segala usia dapat mempelajari konsep mindfulness ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain sehat mental, fisik anda pun akan tetap terjaga. Dalam aktivitas sehari-hari mindfulness ini sangat bermanfaat untuk mengontrol emosional kita terhadap sesuatu, ambil jeda beberapadetik saja ketika anda penat mengerjakan sesuatu hal ini membantu kontrol kesadaran dan emosional anda menjadi lebih stabil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun