Mohon tunggu...
rdsinta
rdsinta Mohon Tunggu... Freelancer - Inspirasi datang ketika kita menjiwai kehidupan 🌻

| Bacalah untuk upgrade dirimu | Double Degree S1 Farmasi dan Sastra Inggris 2022, aktif dalam penulisan konten tentang berbagai informasi yang unik, menarik dan kekinian di sekitaran masyarakat | Instagram : @rdsinta_

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ini Dia Alasan Konsumsi Garam Harus Seimbang

23 Mei 2023   09:44 Diperbarui: 23 Mei 2023   13:25 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi garam via unsplash.com 

Siapa yang tak kenal dengan garam. Salah satu perasa, pengawet alami yang wajib ada dalam makanan. Tanpa garam rasanya makanan akan hambar. Garam ini memiliki istilah lain yaitu NaCl dimana memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh yaitu sebagai zat gizi esensial untuk berbagai mekanisme fisiologis tubuh seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur fungsi otot dan saraf.

Tapi, tahukah kamu kalau konsumsi garam ini perlu seimbang loh. Kira-kira kenapa ya? Simak penjelsannya.

NaCl sebenarnya sangat bermanfaat dalam tubuh selain menjaga keseimbangan air, asam dan basa dalam tubuh juga membantu menjaga regulasi volume dan tekanan darah jika konsumsinya seimbang. Memang garam ini tak lepas dari makanan sehari-hari karena merupakan bumbu utama dalam masakan sebagai penambah cita rasa agar enak.Β 

Dalam praktiknya memang kita tiba bisa menghitung kadar garam untuk konsumsi sehari-hari namun bisa dilakukan cara dengan mengurangi konsumsi sehari-hari dengan garam yang dianjurkan baik untuk kesehatan yaitu sekita 5-6 gram sehari atau setara dengan (1 sendok teh) dalam 1 hari atau 2.300 mg natrium dan bisa dengan mengurangi garam jika sudah diberikan MSG sebab kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa. Walaupun berkurang asupan garamnya namun tetap seimbang dan cita rasa makanan tetap enak.

Namun jika kekurangan asupan garam juga menyebabkan gangguan fungsi otot, saraf, kontrol gula darah, kontrol cairan tubuh dan gangguan penyerapan asupan gizi. Β jadi, sangat penting juga asupan garam ini dalam tubuh setiap harinya. Jika berlebihan ada juga gangguan yang dapat terjadi pada tubuh seperti munculnya penyakit degeratif yaitu hipertensi, jantung dan stroke. Jadi, sebaiknya kita harus pintar-pintar mengelola, menyeimbangkan dan mengendalikan asupan garam dalam tubuh agar tetap seimbang.

Cara lain untuk mengonsumsi garam agar tetap seimbang yaitu dengan mengonsumsi produk segar dan kurangi makanan olahan, batasi penggunaannya pada makanan dan ganti dengan rempah-rempah tertentu yang dapat memperkaya rasa, pilih produk rendah garam dan bila terpaksa harus makan Β produk olahan maka cerdaslah dalam membaca label, perbanyak juga konsumsi buah dan sayur sebagai penambah cairan dan meminimalisir penggunaan garam.

Memang ya segala sesuatu yang seimbang akan berdampak baik bagi tubuh, cukup namun berperan sangat besar tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun