Mohon tunggu...
rdsinta
rdsinta Mohon Tunggu... Freelancer - Inspirasi datang ketika kita menjiwai kehidupan 🌻

| Bacalah untuk upgrade dirimu | Double Degree S1 Farmasi dan Sastra Inggris 2022, aktif dalam penulisan konten tentang berbagai informasi yang unik, menarik dan kekinian di sekitaran masyarakat | Instagram : @rdsinta_

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Bukan Lato-Lato Raksasa, Ini Dia Fungsi Sebenarnya Bola-bola Beton di Sekitar Jalur Pedestrian yang Jarang Diketahui

11 Mei 2023   09:51 Diperbarui: 11 Mei 2023   09:59 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Bola-Bola Beton di sekitar Bandung via Dokumentasi Pribadi 

Tanpa kita sadari, jalur pedestrian saat ini banyak dijumpai bulatan besar berbentuk bola-bola permanen yang terpasang di pinggir trotoar dekat dengan jalanan. Di berbagai kota besar seperti Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan lainnya pasti ada bola-bola ini. terkadang bola-bola beton ini kerap dijadikan sebagai salah satu tempat duduk oleh para pejalan kaki yang melintas di jalur pedestrian kota. Namun perlu diketahui sebenarnya bola-bola besar ini bukan tempat duduk tapi ada fungsinya. Apakah itu ?

Namanya Bollard, pembatas jalan dan trotoar memiliki fungsi sebagai penunjang dalam hal keamanan dan kenyamanan para penggunanya yang melintasi jalur ini. Menurut Menteri PUPR juga menyatakan bahwa pentingnya bollard yang tergolong sebagai perabot jalan yang Β harus memenuhi kriteria tertentu. Bollard ini selain sebagai furniture jalanan secara teknis harus memiliki kekuatan yang baik juga tahan lama dan harus memiliki kriteria dalam hal estetika jalanan. Seperti halnya bollard yang terdapat di sepanjang trotoar Jl. Asia Afrika, Bandung berjumlah 109 buah dengan bertuliskan nama-nama Negara yang ikut konferensi besar tahun 1955 kala itu. Menarik bukan ?

Sayangnya bollard ini masih banyak digunakan sebagai tempat duduk dan berswafoto di jalur pedestrian karena memang ketidaktahuan para penggunanya dalam hal fungsi utama bollard ini. Memang fungsi utama bollard ini agar pedestrian pathway tidak mudah diserobot oleh kendaraan bermotor yang ingin cepat sampai. Nah, dengan adanya bollard ini diharapkan para pejalan kaki lebih aman dan nyaman melintasinya.

Bentuk bollard memang tidak melulu berbentuk bulat seperti bola namun ditemukan dalam bentuk tiang, ornament seni dan lainnya. Memang tidak ada aturan khusus dalam berkreasi menghiasi jalan ini oleh pemerintah setempat karena memang pengadaannya disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan pada masing-masing kawasan. Β Namun, dalam penempatannya bollard ini memiliki aturan tersendiri agar aman dan pas di tempatkan di jalanan dimana harus memiliki jarak aman agar lebih sesuai. Bollard harus ditempatkan pada sekitar 30 cm dari kerb jalan dengan dimensinya berdiameter 30 cm dan ketinggiannya 0,6 meter-1,2 meter. Jarak penempatan antara bollard satu ke bollard yang lainnya harus tidak lebih dari 1,4 meter antar bollard.

Nah, sekarang sudah tahu bukan fungsi bola-bola beton di sekitar jalur pedestrian. Jangan di duduki lagi ya. Jalan-jalan sambil menikmati kota di jalur pedestrian memang menyenangkan dan menarik untuk dicoba ya. Selain untuk mengisi waktu, diperjalan juga akan ada hal unik yang Β pasti kita temui. Menarik bukan ??

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun