Mohon tunggu...
rdsinta
rdsinta Mohon Tunggu... Freelancer - Inspirasi datang ketika kita menjiwai kehidupan 🌻

| Bacalah untuk upgrade dirimu | Double Degree S1 Farmasi dan Sastra Inggris 2022, aktif dalam penulisan konten tentang berbagai informasi yang unik, menarik dan kekinian di sekitaran masyarakat | Instagram : @rdsinta_

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Apa Ya Hubungan Gadget dengan Kesehatan?

9 Mei 2023   10:47 Diperbarui: 9 Mei 2023   11:13 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Handphone via Unsplash.com 

Handphone merupakan salah satu barang wajib yang harus ada dan di bawa kemana-mana. Handphone ini menjadi kebutuhan yang wajib ada entah untuk sekolah, bekerja, ataupun komunikasi antar sesama. Smartphone sendiri saat ini sudah menjadi adiksi bagi masyarakat modern terlebih memang banyak aspek dalam kehidupan saat ini semuanya tergantung dnegan gadget. Karena hal inilah durasi dalam bermain handphone semakin tidak terkontrol. Hal ini yang menjadikan dampak negatif bagi kesahatan salah satunya yang berhubungan dengan kesehatan jantung karena aktivitas fisik yang berkurang.

Lalu apakah ada hubungannya dengan kesehatan jantung?

Seseorang dikatakan memiliki aktivitas fisik yang kurang berpeluang besar terkena gangguan kesehatan khususnya penyakit yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Β Penyakit jantung yang muncul bisa berupa aritmia atau gangguan irama jantung disebabkan oleh pembentukkan atau penjalaran impuls listrik juga dapat menimbulkan resiko obesitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa risiko pengerasan pembuluh darah arteri ditemukan pada anak-anak dengan aktivitas fisik kurang dari 68 menit. Ditambah dengan pola makan yang tidak teratur dan sehat menyebabkan resiko serangan jantung dan stroke semakin meningkat dalam jangka panjangnya.

Beberapa masalah kesehatan lain pun turut disoroti akibat penggunaan gadget yang tak terkontrol salah satunya yaitu :

  • Text neck syndrome atau kecenderungan leher menekuk ke arah bawah hal ini yang menyebabkan otot pada leher kaku dan sakit bahkan menjalar hingga ke bahu dan lengan.
  • Gangguan penglihatan, hal ini sering terjadi di zaman modern ini. Penggunaan gadget dalam jarak dekat yang memaksa mata untuk fokus pada teks yang ada dalam layar HP. Hal ini yang menyebabkan lelahnya mata, iritasi, mata merah dan lama kelamaan mata menjadi kabur.
  • Gangguan tidur. Hal sama yang banyak dialami di zaman modern ini. Layar biru pada gadget mampu menahan melatonin atau hormon pengatur tidur menjadi terganggu. Akibatnya badan tidak segar di pagi hari karena kurang beristirahat.

Memang jika tidak terkontrol dengan baik penggunaan gadget ini akan menimbulkan banyak masalah khususnya pada kesehatan. Tak bisa dipungkiri memang efeknya banyak terlihat di zaman sekarang. Alangkah baiknya gunakanlah gadget seperlunya dan gunakanlah secara bijak sehingga kita mampu menikmati manfaat dan kemudahan yang disediakan oleh gadget untuk kehidupan. Memang sesuatu yang berlebihan itu dampaknya tidak baik maka dari itu gunakanlah gadgetmu untuk menunjang kebutuhan harianmu, batasi penggunaannya dalam waktu tertentu dan nikmati kemudahannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun