Mohon tunggu...
Sinta Rahayu
Sinta Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Di Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Pendidikan Orangtua terhadap Perkembangan Anak

22 Januari 2021   14:16 Diperbarui: 22 Januari 2021   14:19 64 1 0 Mohon Tunggu...

Hasil Review Beberapa Jurnal Tentang  
PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA
TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK

A. "Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tipe Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Pisikososial Anak Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nganjuk" Rahayu Budi Sarjana (2008)
Benang merahnya : Hubungan tingkatan pendidikan orang tua dan tipe pola asuh terhadap perkembangan anak itu sangat berkaitan sekali dimana jika pendidikan orang tua tinggi maka relatif pola asuh yang diberikan kepada anak akan baik mulai dari sikap,aturan, sosial, dan emosinya. Banyak macam pola asuh yang bisa dilakukan terhadap anak otoriter, Neglecfult,Indulgent, Authoritative  Hubungan orang tua kepada anak sangat besar sekali hubungannya itu membuat perkembangan anak lebih baik lagi, anak akan baik jika mereka diberi stimulus dari kecil dengan baik. Pola asuh yang diberikan orang tua dengan tingkat pendidikan itu rendah dan tinggi sama sama mempengaruhi. Maka dari itu, orang tua mampu banyak belajar  dari pengalaman maupun mencari tahu.
B. "Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang tua Terhadap  Terhadap Prestasi Belajar Anak Di Sekolah Dasar Remang Ketike Jaya Bener Meriah" Yanti Asmara
(2020)

Benang merahnya :

Orang tua adalah guru pertama untuk anak mengapai berbagai prestasi atau pun ilmu,namun pada dasarnya bukan hanya orang tua saja yang menunjang keberhasilan anak, Namun guru dan lingkungan sekitar. Tingkatan pendidikan orang tua sangat berpengaruh atas keberhasilan anak dalam mengapai prestasi karna diberi stimulus dan respon atas berbagai pihak,terutama orang tua yang memiliki pendidikan. Pola asuh yang bagus akan menunjang keberhasilan anak dalam mengapai prestasi, sehingga jika orang tuanya berpendidikan namun tidak memberikan stimulus dan reapon,maka tidak akan mencapai sebiah tujuan untuk mengapai sebuah prestasi.

C. "Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Mahasiswa  AKBID CITRA MEDIKA SURAKARTA"  

Nabilatul Fanny
(2015)

Benang merahnya :   Perilaku seks pranikah sudah menjadi fenomena di kalangan remaja saat ini,  Faktor- faktor penyebab munculnya perilaku seks pranikah beradasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Salisa (2010) diantaranya adalah 1) Kegagalan fungsi keluarga, hal ini memicu mereka untuk berperilaku bebas bahkan melanggar norma sekalipun, karena merasa tidak ada yang peduli atau mencegah hal tersebut. 

2) Pengaruh media, hal tersebut menunjukkan bahwa media sangat berpengaruh terhadap perilaku seks pranikah. 3) Rendahnya pendidikan nilai-nilai agama. Maka, diharapkan untuk orang tumengetahui bagaimana tingkat perkembangan anak dan bagaimana pengasuhan orang tua yang baik sesuai dengan perkembangan anaknya. Diharapkan untuk orang tua selalu mengawasi dan menjaga anaknya dalam kondisi kesehatan mereka dengan selalu berinteraksi setiap hari.

D. "Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun " Tesi Ayi Nurlita,Sumari ,Sima Mulyadi
(2020)

Benang merahnya : Perkembangan sosial anak sangat berpengaruh terhadap mereka besar nanti. Mereka seharusnya mampu diajarkan sejak dini cara bersosiaisasi dengan baik, diajarkan bagaiman cara melatih emosi,sosial,aturan, dan moral. Karena, bagaimanapun pendidikan orang tua  sosial anak tetapla sosial, kita sebagai orang tua mampu menjadi terbaik bagi mereka semua dengan kita merendah dengan pendidikan kita, kita dianggap gagal dalam mendidik anak. Maka, walaupun pendidikan orang tua serendapah apapun diusahakan untuk orang tua lebih menggiatkan untuk membimbing anak dalam perkembangan lebih tinggi, baik serta menjadikan mereka anak-ana yang luar biasa.

E. "Relasi Pendidikan Orang Tua Dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Kabupaten  Pasuruan"Miftahillah (2017)
Benang merahnya : Orangtua merupakan pengertian umum dari ayah ibu kandung. Namun orangtua bukan selalu dalam artian yang melahirkan. Orang yang merawat kita dari kecil sampai dewasa menyayangi kita tanpa ada perbedaan juga dikatakan sebagai orang tua, baik orangtua asuh atau orangtua angkat itu juga dinamakan keluarga. Keterlibatan orangtua merupakan proses keterlibatan keluarga yang meliputi sikap, nilai-nilai, dan praktik orangtua dalam membesarkan anak. Serta partisipasi orangtua dalam aktivitas yang berpusat pada anak dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar anak.

F. "The impact of parental income and education on the schooling of their children "Walker lan, sullvian o vincent, harmon colm, chevalier arnaud (2013)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x