Mohon tunggu...
Sinta Nuriyah
Sinta Nuriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 19445 Surabaya

MENYANYI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Desain Logo dan Kemasan untuk UMKM

30 Juni 2022   16:43 Diperbarui: 30 Juni 2022   16:49 105 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tulungagung, 26 Juni 2022 --Kuliah Kerja Nyata (KKN) rasanya sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Bahkan, kegiatan tersebut diwajibkan di tataran Perguruan Tinggi sebagai pertanggungjawaban atas aplikasi disiplin ilmu dari teoritis ke empiris serta perwujudan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi informasi lebih lengkap terkait UNTAG Surabaya dapat diakses di sini http://www.untag-sby.ac.id

 Universitas 17 Agustus atau dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN setiap tahun. Tema yang diusung kali ini yaitu "KKN Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Namun sayangnya di situasi sekarang ini ada perubahan dari skema KKN tahun-tahun sebelumnya yang biasa dilakukan secara berkelompok kini berubah dilakukan secara individu karena mengingat kita semua tetap harus waspada, karena covid-19 masih ada.

Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat Sinta Nuriyah, mahasiswa Ilmu Hukum Untag Surabaya di bawah bimbingan ibu Siti Mutrofin,S.Kom., M.Kom. selaku dosen pembimbing lapangan. 

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, di Desa Balerejo RT 01 RW 02 Kecamatan  Kauman Kabupaten Tulungagung yang dimana kegiatan KKN ini akan dilakukan disana. Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini saya mengambil salah satu topik yang sudah disediakan yaitu mengenai UMKM. UMKM yang saya ambil disini adalah UMKM Kopi Waris Khas Tulungagung dan mitra saya kali ini adalah Ibu Vivi Adriyani selaku pemilik usaha tersebut.

Pengusulan program pengabdian ini didasarkan akan kurangnya pemahaman akan warga Desa balerejo akan pentingnya Desain Logo untuk kemajuan sebuah usaha. Karena Pada dasarnya, kata logo itu sendiri diserap dari bahasa Yunani kuno, yakni Logos yang mempunyai arti pikiran, budi, kata, akal, serta pembicaraan. 

Kata logo juga sebenarnya diambil dari kata logotype yang mulanya digunakan pada tahun 1810 sampai tahun 1840, dan memiliki arti sebuah tulisan nama entitas yang dibentuk secara khusus dengan memanfaatkan suatu teknik lettering atau menggunakan jenis huruf tertentu yang menarik.

Dokpri
Dokpri

Jadi, pada mulanya logotype ini dibuat dengan hanya memanfaatkan suatu elemen tulisan saja. Pada proses perkembangannya, logo dibuat dengan semakin kreatif lagi yang menggabungkan beberapa elemen, seperti gambar, sketsa, dll. 

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengertian logo adalah sebuah tulisan, sketsa, atau gambar yang mempunyai makna tertentu dan bisa mewakili identitas atas suatu bentuk entitas, seperti lembaga, organisasi, perusahaan, daerah, negara, atau produk. 

Biasanya, suatu logo mengandung filosofi tertentu dan kerangka dasar berbentuk konsep yang bertujuan guna menciptakan sifat mandiri. Selain itu, setiap bentuk logo juga wajib mempunyai suatu ciri khas tertentu untuk membedakan logo yang satu dengan logo yang lainnya, baik itu dari segi bentuk maupun warnanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan