Mohon tunggu...
Sinta Bella Flora Berliana
Sinta Bella Flora Berliana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa semester 5 jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Teknik Public Speaking Membantu Berkomunikasi dengan Baik

4 November 2022   20:15 Diperbarui: 4 November 2022   20:22 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semua orang mampu berbicara tapi tidak semua orang dapat berbicara dengan mudah di depan umum, sehingga bisa menarik perhatian orang lain. Kemampuan seseorang dalam berbicara didepan umum merupakan skill yang bisa dipelajari. 

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum adalah suatu hal yang sulit, tapi tidak bagi orang yang sudah terbiasa berbicara di hadapan orang banyak. Hal tersebut terjadi karena adanya rasa tidak percaya diri dan tidak mempersiapkan diri secara baik.

Biasanya orang yang takut untuk berbicara di depan umum, merupakan orang yang malu terlihat oleh orang lain, sehingga gugup saat berbicara, terkadang sorot mata banyak orang terhadap dirinya yang menjadi alasan seseorang tegang.

Seringkali terjadi dalam kehidupan sehiari-hari, kita merasa malu dan tidak igin untuk berbicara dihadapan umum. Karena perasaan takut, membuat kita tidak bisa berjalan lebih jauh untuk menjadi orang yang pandai berkomunikasi untuk menyampaikan pesan secara baik kepada orang lain. 

Berbicara di hadapan orang banyak ialah tantangan tersendiri bagi diri seseorang, baik bagi kehidupan pribadi, sosial, dan kehidupan yang profesional. Bagi orang yang sudah terbiasa berbicara di depan umum, tentunya mudah untuk bisa menguasai audiens/pendengar, dan menganggap berbicara di depan umum adalah suatu hal yang biasa karena sering dilakukan.

Berbicara suka atau tidak suka pada saat berbicara di depan umum, pada era sekarang merupakan hal yang sangat di perlukan, dan merupakan suatu hal yang wajib untuk di kuasai, karena pada saat kondisi tidak terduga membuat seseorang berhadapan dengan banyak orang. Untuk mengatasi hal tersebut, kemampuan Public Speaking ini akan sangat diperlukan.

Pengertian Public Speaking

Istilah Public Speaking berkembang sejak abad sebelum Masehi, bermula dari para ahli retorika yang mengartikan sebagai seni (keahlian) berbicara atau berpidato. Public Speaking merupakan kata dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata Public dan Speaking. Public Berarti umum dan Speaking berarti berbicara, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai bicara di depan umum.

Dalam sebuah kutipan kamus Meriam-Webster pengertian Public Speaking ialah “the act or skill of speaking to a usually large group of people” yang artinya Public Speaking merupakan sebuah aksi, tindakan, atau keterampilan berbicara pada sekelompok besar orang.

Public Speaking merupakan sebuah keterampilan atau kemampuan saat melakukan bicara di hadapan orang lain. Public Speaking bisa juga diartikan sebagai kemampuan sesorang dalam menjelaskan suatu hal agar mudah dipahami oleh orang lain. Menurut KBBI, Public Speaking adalah pembelajaran dalam pemakaian bahasa yang efektif dalam menyusun kata ataupun kalimat, sehingga pendengar mampu memahami serta mengerti apa yang disampaikan.

Public Speaking merupakan salah satu rumpun dari Ilmu Komunikasi (Retorika). Retorika memiliki pengertian mirip dengan Public Speaking yaitu, seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang pada sekelompok orang secara langsung atau tatap muka. Sebagai contoh kegiatan yaitu pidato, moderator, MC, dan presentasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun