Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dituntut untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi saat menjajakan produknya. "Salah satu kuncinya adalah memanfaatkan teknologi dan beralih ke pasar online. Karena praktis sekaligus menjaga kontak langsung atau protokol kesehatan di tengah pandemi, "Kemudian, harus mampu mengolah produk-produk menjadi lebih baru dan inovatif, agar dapat menarik minat pembeli". UMKM harus terus berpacu dengan teknologi terkini jika produknya ingin terus berkembang dan laku di pasaran pada masa pandemi covid -19. Pasalnya, dampak ekonomi dari pandemi COVID-19 sangat dirasakan para pelaku UMKM. "Teknologi digital saat ini diyanikini mampu berkontribusi besar terhadap perubahan aktivitas ekonomi, Penggunaan teknologi digital diharapkan mampu memperkuat pergerakan ekonomi kerakyatan, sehingga harapan Indonesia sebagai pasar digital terbesar di Asia tenggara bisa terwujud.