Mohon tunggu...
SINGGIH GUNAWAN
SINGGIH GUNAWAN Mohon Tunggu... Guru - Guru BK

Senang berolahraga khususnya bermain sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

8 Desember 2022   07:00 Diperbarui: 8 Desember 2022   07:02 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Artikel ini berisikan best practice dalam pelaksanaan implementasi renca aksi pendidikan profesi guru dalam jabatan, brest practice ini mempunyai tema meningkatkan motivasi belajar siswa dengan teknik diskusi melalui layanan bimbingan kelompok, beberapa hal yang memuat best practice ini mengacu pada penulisan metode STAR (Situasi,Tantangan,Aksi dan Refleksi).

Situasi kondisi yang melatar belakangi tema meningkatkan motivasi diambil adalah peserta didik yang yang belum mengetahui tentang pengertian dan pentingnya motivasi belajar, peserta didik belum megetahui fungsi motivasi belajar,peserta didik belum mampu merusmuskan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, serta peserta didik belum mampu merancang upaya untuk meningkatkan motivasi belajar.

Tantangan dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi adalah guru bk yang hanya memiliki jam masuk kelas 2 jam setiap bulan,kemudian guru bk yang belum mampu mencairkan suasana kelas dan guru bk yang belum maksimal melaksanakan metode dalam layanan. kemudian yang telibat dalam kegiatan layanan ini adalah peserta didik kelas 10 TPFL 2 dan guru bk. 

Aksi untuk menghadapi tantantan tersebut adalah guru bk berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum serta guru mata pelajaran untuk meminjam waktu jam masuk kelas. 

guru bk memberikan ice breaking untuk mencairkan suasana. guru bk dan peserta didik berkomunikasi intens supaya peserta didik merasa lebih dekat dengan guru bk. guru bk melaksanakan kesepakatan atau tindak lanjut bagi peserta didik yang merasa belum mampu maksimal dalam memahami materi layanan. Strategi yang digunakan dalam layanan ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. 

Refleksi dari kegiatan layanan tersebut adalah semua stakeholder terkait lebih memahami pentingnya guru bk dalam sekolah, siswa lebih mengetahui dan memahami pentingnya meningkatkan motivasi belajar, peserta didik lebih tertarik dengan layanan bk serta guru bk dapat merefleksikan diri tentang apa yang telah dilaksanakan.

Dari hasil kegiatan layanan bimbingan kelompok ini kegiatan berjalan efektif dan dapat diterima oleh peserta didik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun