Mohon tunggu...
Sindy Fajriyanti
Sindy Fajriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa

hello!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Suka Duka Pengalaman Saya Mengakses Media Sosial

6 Mei 2021   19:39 Diperbarui: 6 Mei 2021   19:42 89 0 0 Mohon Tunggu...

Media sosial, siapa sih yang ngga tau media sosial? Pasti hampir rata-rata masyarakat Indonesia tau apa itu media sosial.  Media sosial yaitu sebuah media online yang para penggunanya bisa dengan mudah mengakses, berpartisipasi, berbagi, dan membuat atau menciptakan isi seperti blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki adalah bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat hampir diseluruh dunia termaasuk Indonesia.

Saat mendengar kata media sosial apa yang langsung kalian pikirkan? Instagram? Twitter? Youtube? Whatsapp? Iya benar memang itu beberapa media sosial yang sudah tidak asing lagi kita dengar. Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih dengan mengikuti perkembangan jaman saat ini. Teknologi saat ini telah merubah cara kita untuk saling berinteraksi satu sama lain dengan menggunakan internet. Keberadaan internet ini memberikan banyak kemudahan kepada penggunanya. Dengan internet kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan hiburan dari berbagai penjuru dunia. dengan adanya internet ini pula kita dapat mengenal yang nama nya media sosial.

Setelah menjelaskan apa itu media sosial dan internet. Kali ini saya akan menceritakann pengelaman saya menggunakan media sosial. Sebelum nya perkenalkan saya mahasiswi ilmu komunikasi dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Media sosial dikalangan para remaja khususnya sekarang tidak dapat dihindari lagi. Pasti hampir setiap remaja mengakses media sosial hanya untuk mencari informasi dan membagikan kegiatan mereka. Dan saya pun juga begitu, hampir setiap hari saya mengakses media sosial entah untuk mencari informasi atau sekedar mencari hiburan ya biar ngga bosen. Menurut saya dengan adanya media sosial ini dapat memudahkan diri saya sendiri untuk mengetahui apa yang sedang terjadi diluar sana. Media sosial yang paling sering saya gunakan yang perttama yaitu Instagram. Menurut saya Instagram ini cukup memadahi ya aplikasi nya karena hampir semuanya ada di Instagram ini seperti informasi berita yang baru -- baru ini sedang terjadi, mencari tempat wisata, tempat kuliner yang enak, tempat tempat yang lagi hits, tempat jual beli juga ada seperti online shop yang bertebaran, hiburan, mengetahui kegiatan apa yang teman kita lakukan pada hari itu, dan masih banyak lagi. Fitur utama dari Instagram ini sebenarnya yaitu untuk memposting foto dan video yang berisi kegiatan kita yang dapat kita bagikan kepada teman-teman kita. Setelah memposting foto atau video teman -- teman kita bisa memberikan like dan komentar di foto atau video yang saya unggah. Di Instagram ini kita bisa saling memfollow dengan teman atau artis idola kita agar kita tau kegiatan apa saja dan informasi apa saja dari mereka. Saya juga sering menggunakan Instagram ini untuk membagikan kegiatan saya melalui salah satu fitur Instagram yang namanya Instastory. Dengan instastory ini saya dapat membagikan kegiatan saya secara langsung pada saat itu juga. Instagram ini juga membantu saya untuk mempromosikan jualan saya. Sekarang Instagram udah makin canggih, udah bisa buat live, memposting video dengan waktu yang lama atau biasa disebut IGTV, dan di instrastory nya udah ada filter biar hasil foto atau video nya lebih bagus. Instagram ini tidak hanya digunakan untuk hiburan saja tetapi dimanfaatkan sebagian orang untuk bisnis, orang yang suka traveling untuk membagikan tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi. Instagram juga memiliki setingan yang bisa menjaga privacy kita dengan cara mengunci akun kita. Dengan mengunci akun ini orang -- orang asing yang tidak kita kenal ngga bisa mengakses akun Instagram kita atau lebih jelasnya tidak bisa melihat foto atau video yang kita unggah.

Kemudian setelah Instagram, media sosial yang paling saya gunakan yaitu Whatsapp. Whatsapp ini merupakan aplikasi chatting yang udah canggih dibanding dengan Blackberry Messenger atau BBM. Whatsapp ini memiliki berbabgai macam fitur seperti dapat mengirim foto atau video, mengirim pesan dengan menggunakan suara atau biasa disebut dengan voice note, kemudian kita juga dapat membagikan lokasi, mengirim dokumen, file -- file dan yang terakhir yaitu kita bisa video call. Dengan menggunakan whatsapp ini memudahkan kita untuk menghubungi teman atau keluarga kita yang jauh dari kita. Setelah Instagram dan whatsapp, media sosial yang saya gunakan yaitu Twitter. Twitter ini menjadi salah satu media sosial yang disukai bagi orang -- orang yang suka menulis dan membaca. Di twitter ini jika kita ingin menulis cerita kita hanya bisa menulis nya dengan 140 kata saja, dengan begitu ada yang Namanya Thread. Thread ini adalah tweet berantai atau pesan bersambung, karena cuitan kita twitter tidak dapat dijadikan satu tweet. Biasanya thread ini berisi cerita lucu, horror, berbagi pengalaman dan yang paling sering yaitu untuk spill penipuan, spill penipuan ini biasanya yang paling sering dibuat oleh kalangan anak kpop karena paling sering terjadi penipuan jual beli album, merch dan tiket konser. Selain itu twitter merupakan aplikasi yang paling diminati jika sedang terjadi sesuatu yang viral, karena di twitter ini kejadian viral tersebut berasal dan lebih cepat menjadi tranding menggunakan hastag sehingga lebih mudah untuk dicari tahu dan di twitter menjadi salah satu media sosial yang lebih up to date.

Lalu ada Youtube sebagai salah satu media sosial yang paling sering saya gunakan, apalagi saat pandemi covid-19 sekarang ini yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah saja. Youtube merupakan media sosial yang digunakan oleh para konten creator membuat video dengan berbagai macam kreativitas. Berbagai jenis bentuk video nya seperti daily vlog, podcast, tutorial, bermain games, ilmu pengetahuan, mukbang, memasak, wisata kuliner, traveling, MV kpop dan masih banyak lagi. Dengan menonton youtube ini lumayan mengurangi rasa bosan saya ketika harus dirumah saja. Biasanya saya paling suka menonton channel wisata kuliner dan konten kpop. Selain itu ketika saya sedang mengerjakan tugas biasanya saya memutar music bergenre chill music for study dan lofi music agar lebih konsentrasi. Kemudian saya juga suka menonton video membuat rumah dari game the sims, menurut saya ini sangat menyenangkan.

Media sosial selanjutnya yang sedang booming saat ini yaitu TikTok. Saat ini TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diminati oleh para remaja, tidak hanya di Indonesia saja tetapi di beberapa negara di luar negeri pun juga paling banyak diminati. Karena di TikTok ini kita bisa mengembangkan bakat kreativitas kita. Berbagai macam konten ada di TikTok seperti konten bernyanyi, dance, kegiatan sehari - hari, memasak, haul, kejadian yang sedang viral bahkan konten edukasi pun ada di TikTok, dan masih banyak konten kreativ lainnya. Konten TikTok ini biasanya mengikuti tren yang sedang viral.

Dari beberapa cerita pengalaman saya menggunakan media sosial, sebenarnya media sosial masih memiliki banyak kekurangan seperti banyak nya berita hoax yang tersebar dengan mudah dan cepat sehingga dapat menimbulkan kegaduhan bagi para pengguna media sosial. Biasanya berita hoax ini dibuat oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan hanya untuk kesenangan semata dan dapat menggiring opini seseorang untuk membuat keributan di media sosial. Penipuan juga menjadi salah satu kekurangan media sosial, mengapa? Karena media sosial ini dapat digunakan sebagai lapak untuk berjualan tetapi malah disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab hanya untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat. Selain itu kekurangan dari media sosial ini yaitu masih banyak nya komentar buruk seperti ujaran kebencian di berbagai akun media sosial kita. Selain itu dampak dari menggunakan media sosial ini yaitu membuat kita jadi lupa waktu, biasanya kita terlalu asyik bermain media sosial sehingga membuat kita jadi lupa waktu sholat, makan dan belajar. Lalu dampak lainnya yaitu membuat kita menjadi kurang percaya diri, hal ini disebabkan ya karena media sosial menjadi tempat untuk membagikan berbagai kegiatan dan lebih parah nya lagi digunakan untuk ajang bersaing. Biasanya banyak pengguna media sosial yang merasa insecure dengan orang lain yang lebih good looking dan kehidupan seseorang yang lebih beruntung dan hidup dengan kemewahan. Hal ini hanya akan membuat kita menjadi penyakit hati atau iri, sebenarnya hal ini bisa diatasi jika kita selalu bersyukur.

Tidak hanya memiliki kekurangan tetapi media sosial juga memiliki potensi. Potensi dari media sosial ini seperti sangat bermanfaat karena dapat memudahkan kita dalam menghubungi teman atau kerabat kita yang berjauhan. Kemudian informasi yang bermanfaat dan lebih praktis. Sebagai pengguna media sosial kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya dan dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

VIDEO PILIHAN