Mohon tunggu...
Sindi NurMaulida
Sindi NurMaulida Mohon Tunggu... Lainnya - Semangat untuk terus hidup

PAI A2 2019 IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fenomena Masalah Belajar Pandemi Corona Pendidikan Akidah Akhlak

6 Mei 2021   19:00 Diperbarui: 6 Mei 2021   19:13 615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fenomena menurut KBBI yaitu segala sesuatu yang dapat disaksikan dengan alat indera atau pancaindra dan dapat dijelaskan serta dapat dinilai secara ilmiah. Akan tetapi dalam konteks pembahasan ini, fenomena yang dimaksud adalah fenomena dalam dunia pembelajaran. Fenomena dalam dunia pendidikan merupakan sebuah gejala yang dapat menimbulkan gejala positif maupun negatif. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa fenomena pembelajaran merupakan fenomena yang kompleks, karena pembelajaran merupakan usaha yang terencana untuk dapat menumbuhkan kekuatan sumber daya manusia melalui kegiatan pengelolaan pembelajaran.

Proses pembelajaran adalah suatu tindakan dari lingkungan sekolah yang diorganisasi. Lingkungan sekolah ini diatur serta dijaga agar aktivitas belajar dapat terarah sesuai dengan kurikulum yang ada dalam satuan pendidikan.

Dalam pembelajaran tak jarang pendidik maupun peserta didik menemukan berbagai masalah, salah satunya fenomena masalah belajar. Adapun kendala yang dialami di dalam kegiatan pembelajaran, siswa biasanya cepat bosan dengan berbagai aspek kegiatan yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Adapun kendala yang dialami di dalam kegiatan pembelajaran, siswa biasanya cepat bosan dengan berbagai aspek kegiatan yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. 

Akan tetapi peristiwa atau fenomena yang terjadi dikalangan ini yaitu adanya berbagai jenis tindakan yang dilakukan oleh generasi muda, sehingga dapat merugikan diri sendiri, orang lain dan bahkan bangsa dan negaranya.
Diantara fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan yaitu terjadi penurunan sikap moral, munculnya tindakan semena-mena, munculnya sikap egois yang berlebihan di dalam kepribadian generasi muda. Sehingga menimbulkan sikap-sikap buruk yang lainnya pula. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berbagai peristiwa atau fenomena yang terjadi dilapangan, pendidikan dan pembelajaran seharusnya tidak hanya diterima di dalam dunia pendidikan saja yang sifatnya hanya formal, akan tetapi pendidikan dan pembelajaran dapat dilaksanakan atau didapat di luar sekolah seperti pendidikan di dalam keluarga, pesantren dan masyarakat.

Dalam dunia pendidikan, pasti sekolah memiliki masalah atau problem, baik yang berasal dari dalam maupun luar instansi. Problem itu sendiri merupakan sesuatu yang kehadirannya tidak disukai, dapat menimbulkan kesulitan untuk diri sendiri dan orang lain, ingin atau perlu segera dihilangkan. Tidak hanya seorang siswa saja yang mendapatkan masalah, setiap manusia pasti mempunyai masalah. Masalah merupakan sesuatu yang menghambat dalam proses hidup yang dijalani oleh seseorang. Dalam menghadapi sebuah masalah yang paling utama adalah berani untuk menghadapinya dan mencari sumber solusi dari setiap masalah yang ada. 

Masalah-masalah dalam dunia pembelajaran ini harus diselesaikan oleh guru, wali/orang tua murid, sehingga proses belajar mengajar siswa dapat sesuai dengan tujuan yang ada dalam satuan lembaga pendidikan.

Sedangkan belajar merupakan proses perubahan, baik perubahan dalam bentuk tingkah laku, perbuatan maupun ucapan. Adapun tujuan utama dalam masalah belajar adalah pendidik harus berusaha untuk mencerdaskan anak bangsa yang memiliki pendidikan tinggi dan memiliki tingkah laku yang baik. Tanggung jawab seorang pendidik dalam mendidik dikatakan dapat berjalan dengan baik jika problem-problem dalam proses pembelajaran dapat terpecahkan secara bersama-sama. 

Dalam dunia pendidikan, belajar merupakan tujuan utama berdirinya pendidikan. Belajar tidak hanya dilakukan oleh murid yang membutuhkan transferan ilmu dari seorang pendidik, tetapi belajar juga perlu dilakukan oleh seorang pendidik.

Salah satu cara agar belajar dapat berjalan baik yaitu pendidik dapat memberikan ilmunya kepada peserta didik dengan semenarik mungkin, sehingga peserta didik dapat menerima dengan senang. Adapun keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh bebrapa faktor. Agar seorang pendidik dapat mencapai keberhasilan belajar yang maksimal, tentu pendidik harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Adapun faktor yang bisa mempengaruhi belajar anak diantaranya yaitu faktor yang berasal dari luar dan dalam.

Dari kedua definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa masalah belajar adalah suatu keadaan atau kejadian tertentu yang dialami oleh siswa dan dapat menghambat kelancaran proses belajar yang dilakukan individu tersebut untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruan. Pengertian lainnya yaitu masalah belajar adalah suatu kondisi yang menimbulkan hambatan dalam proses belajar seseorang terutama seorang peserta didik. Hambatan itu menyebabkan murid mengalami kegagalan dalam mewujudkan tujuan belajar. Untuk menentukan apakah murid mengalami kesulitan dalam belajar atau tidak dapat dilihat dari sejauh mana ia terhambat dalam mencapai tujuan belajar. Bisa pula dilihat dari prestasi belajar siswa tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun