Lingkungan

Nina Nuraniyah, Mengubah Sampah Menjadi Produk Bernilai Ekonomis

16 Mei 2019   10:23 Diperbarui: 16 Mei 2019   10:39 11 0 0
Nina Nuraniyah, Mengubah Sampah Menjadi Produk Bernilai Ekonomis
Nina Nuraniyah (Dokpri)

Sampah menjadi masalah serius saat ini, baik di Indonesia maupun dunia. Setiap harinya Indonesia menghasilkan sekitar 65 juta ton. Angka tersebut cukup besar dan sangat merusak lingkungan.

Keprihatinan akan permasalahan sampah di lingkungan, terutama dilingkungan tempat tinggalnya, mendorong Nina Nuraniyah membentuk yayasan peduli sampah. Yayasan tesebut bernama Yayasan Greenna.  Yayasan ini sudah berdiri sejak tahun 2009 di Kampung Cisalopa, Bogor, Jawa Barat.

 Berbekal pendidikan yang dipelajarinya di Institut Pertanian Bogor serta pengalamannya bekerja di NGO Internasional, Nina melihat kejelian untuk menyelamatkan lingkungan dengan memanfaatkan sampah menjadi barang-barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Tanpa lelah nina mengedukasi masyarakat kampung cisalopa khususnya ibu-ibu untuk mulai peduli dengan lingkungan dengan memberikan pelatihan mengenai pengenalan proses daur ulang dan juga pelatihan keterampilan pengolahan sampah. Hasilnya masyarakat Cisalopa berhasil menambah penghasilan dan mampu menghasilkan berbagai produk daur ulang dari sampah plastik.

Saat ini terdapat lima belas ibu-ibu yang dibina oleh Nina. Karena konsistensinya melakukan perubahan di masyarakat Nina pun berhasil meraih berbagai penghargaan, baik secara nasional maupun internassional.