Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com youtube : https://www.youtube.com/channel/UCL2z2EUZdml4YIKyqlpsEQw Saya pria, lahir di kota Tahu, Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 24 Desember , anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Meredakan Rasa Jenuh dari Rutinitas

29 November 2022   22:39 Diperbarui: 29 November 2022   23:51 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu halaman scratch book saya-dokpri

Meredakan rasa Jenuh

Rutinitas yang terus beulang bagi sebagian besar orang akan menimbulkan kejenuhan. Maka untuk menghilangkan atau menguranginya dapat dilakukan dengan keluar dari rutinitas harian . Kalau menggunakan istilah pergaulan sekarang disebut "healing". 

Hal yang sering dilakukan adalah dengan berpergian keluar kota atau tempat rekreasi lainnya.  Namun, terkadang hal semacam ini, tidak selalu bisa terpenuhi, dengan berbagai alasan baik itu karena budget, atau kondisi cuaca yang tidak mendukung.

ketika kondisi tidak memungkinkan ini, kita dapat melakukan  berbagai kegiatan baru yang dapat dilakukan di rumah. Saya mencoba mengurangi rasa jenuh yang melanda akibat rutinitas, dengan melakukan kegiatan yang jarang saya lakukan atau bahkan belum pernah, diantaranya dengan :

1. menulis
2. membuat doodle
3. membuat scratch book
4. senam atau peregangan

Menulis, dapat menjadi alat penyaluran emosi dan perasaan kita dalam bentuk tulisan. Kita dapat menuliskan dalam bku harian kita, jika mau tulisan kita dipublikasikan, kita dapat menuliskannya dalam blog. Beberapa tahun lalu sempat menjadi trend dikalangan remaja untuk menuliskan catatan harian mereka di blog.  Kita dapat juga secara konsisten menulis dan menerbitkan nya menjadi sebuah buku.

Membuat doodle atau coretan juga dapat menyalurkan energi kejenuhan kita, sekaligus menegeluarkan kita dari rutinitas. keuntungan lain yang bisa kita peroleh adalah hasil coretan kita yang salah satunya bisa kita coba jual menjadi NFT (Non Fungible Toke). Saya mencoba meng upload nya di situs  opensea, berikut koleksi beberapa coretan yang saya jadikan NFT.

Dengan membuat scratch book, kita dapat memperoleh pengalaman baru, berkreasi sesuka kita, dan meningkatkan daya imajinasi kita. Untuk pemula kita dapat menggunakan majalah bekas untuk dijadikan dasar membuatnya. Atau bisa juga kita menempelkan berbagai jenis tiket, atau berbagai potongan kertas lainnya. kegiatan kreatif yang santai ini,  

Senam, peregangan dan juga joget bisa, dapat menbuat badan lebih segar karena aliran darah dan aoksigen keseluruh bagian  tubuh menjadi lebih lancar. Kesegaran ini dapat menurunkan rasa jenuh dan lelah akibat rutitas. Senam atau joget yang menyenangkan ini juga dapat kita upload di sosial media sebagaikenangan dan penyemangat kita saat kondisi tidak baik.

Semoga pengalaman saya ini dapat menginspirasi rekan-rekan dalam mengurangi kejenuhan dari rutinitas terutama saat musim hujan seperti sekrang ini, yang tidak memungkinkan kita untuk berpergian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun