Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com youtube : https://www.youtube.com/channel/UCL2z2EUZdml4YIKyqlpsEQw Saya pria, lahir di kota Tahu, Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 24 Desember , anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bermain Sambil Belajar dengan Domino Matematika

26 Oktober 2022   23:52 Diperbarui: 2 Februari 2023   13:27 1738
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
bermain sambil belajar-domino pembagian-dokpri

Bermain Sambil Belajar dengan Domino Matematika

Hari ini, 26 Oktober 2022, saat saya mengajar matematika atau numerasi  di kelas 3, materi pertemuan kali ini memasuki materi  pembagian.

Setelah menjelaskan konsep mengitung pembagian, saya pun memberikan soal latihan kepada para siswa. Ternyata mereka bisa mengerjakan dengan cepat sebelum waktu pelajaran selesai.

Untunglah saya telah melakukan persiapan pembelajaran dengan mengajak mereka bermain domino matematika seri pembagian. Ide ini kembali muncul diingatan saya, berdasarkan artikel yang pernah saya baca dari salah satu blog seorang guru. Seingat saya, guru tersebut mengunakan untuk materi perkalian. Maka saya mencoba memodifikasinya untk materi pembagian. 

Dengan ide tersebutlah saya memutuskan untuk menggunakan permainan domino matematika ini untuk materi pembagian.

Kartu yang saya buat berupa kertas persegi panjang yang dibagian tenganya di beri garis pembatas, pada satu sisi bertuliskan angka, satu sisi lagi bertuliskan operasi pembagian. 

Pada satu kartu operasi hitung, pada sisi lainnya bukanlah jawabanya, melainkan jawaban dari operasi hitung di kartu yang lain. Sehingga sepeti halnya permainan domino yang menempatkan bilangan yang sama pada saat menyusun kartu, demikian juga permainan ini, dilakukan  berdasarkan kecocokan operasi hitung dan hasilnya.

Alhasil mereka bisa menikmati proses bermain sambil belajar, meski kelas menjadi sedikit lebih ramai. Hal ini justru memperlihatkan keseruan mereka dalam bermain, sambil mengitung pembagian di setiap kartu  yang ada ditangan mereka. Sampai jam pelajaran berakhir, mereka masih mau bermain permianan kartu domino perkalian. Meskin beberapa diantara mereka masih belum terlalu cepat menghitung, metode ini membuat mereka mau menghitung pembagian tanpa beban.

Dari pengalaman ini, saya dapat melihat langsung bahwa kita dapat mengajarkan matematika dengan cara yang menyenangkan. Bermain sekaligus mengajak mereka belajar dengan cara yang menyenangkan tanpa perlu memaksa mereka mengerjakan soal-soal latihan. Namun secara tidak langsung sudah mengajarkan mereka berhitng operasi pembagian. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun