Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com Saya pria, lahir di kota "tahu" Sumedang, Jawa Barat. 24 Desember 1979. Anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Commuter Reading Spot: Menumbuhkan Minat Baca di Kereta Api

8 Agustus 2022   16:03 Diperbarui: 8 Agustus 2022   21:45 161 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Commuter Reading Spot Stasiun Cikini- Dok Pri

Sudah lama saya tidak melakukan perjalanan menggunakan KRL commuter line. Saat libur sekolah di bulan Juli 2022, kami mencoba melakukan perjalanan Jakarta-Bogor. Dengan tujuan untuk menyegarkan diri keluar dari rutinitas kota Jakarta.

Meski kami berpergian sambil membawa anak kami yang berkebutuhan khusus dan mambawa kereta bayi untuk membawnya, hal ini tidak mengurangi kenyamanan kami dalam perjalanan. PT. KAI Indonesia telah meningkatkan layananya dengan memberi ruang bagi orang tua yang membawa anak bayi, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.

Kami mendapat tempat yang nyama selama perjalanan kerta, selain memang kami berangkat bukan di saat jam kerja.  Kami berangkat dari Stasiun Cikini, menuju stasiun Bogor. Saat di peron , saya baru menyadari ternyata di stasiun Cikini, ada reading spot. Meski buku yang tersedia masih terbatas, hal ini membukrikan bahwa PT. KAI, ikut serta mendukung gerakan literasi Nasional. Layanan ini dilakkan secara mandiri, artinya pengguna Commuter dapat melakukan peminjman dan pengembalian bukuse secara perorangan tanpa ada petugas yang membantu.

syarat dan ketentuan Penggunaan Layanan Commuter Reading Spot-Dokpri
syarat dan ketentuan Penggunaan Layanan Commuter Reading Spot-Dokpri
Berdasarkan keterangan yang saya baca, ada 11 stasiun yang memiliki reading spot, yaitu stasiun Jakarta kota, Juanda, , Cikini, Gindangdia, Cakung, Cikarang, Jurangmangu, Duri, Universitas Indonesia, Bogor dan Palmerah.
Penggunan dapat meminjam buku dan membaca nya selama melakukan perjalanan dan mengembalikan di reading spotdi salah sat dari 11 stasiun yang disediakan.

PT KAI juga memberi kesempatan kepada para pengiat Literasi untuk menyumbangkan buku-buku layak pakai di kotak yang telah disediakan, dibeberpa stasiun.

Semoga upaya KAI membuat reading spot ini, dapat menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek. Dan menambah jumlah reading spot di beberapa stasium lain nya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan