Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya pria, lahir di kota "tahu" Sumedang, Jawa Barat. 24 Desember 1979. Anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Esensi di Balik Pelajaran Matematika

25 Juli 2022   16:25 Diperbarui: 25 Juli 2022   16:26 119 16 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saya senang belajar matematika sejak di sekolah dasar, meskipun saya bukan siswa yang bersinar di pelajaran matematika. Saat di SMA, saya masuk jurusan IPA namun nilai matematika saya malah menurun. di ijazah nilai saya lebih kecil dari 6 untuk mata pelajaran matematika.

Setelah saya lulus kuliah, dan mengajar di matematika baik di bimbingan belajar, private, maupun di sekolah formal. Saya menyadari bahwa matematik bukan hanya pelajaran  yang menekankan pada keterampilan dan kepandaian berhitung. Ternyata di dalam pelajaran matematika, kita diajarkan untuk berpikir sistematis, kritis, juga melatih kemampuan kita berpikir logis.

Secara tidak langsung ketika kita mempelajari matematika, maka kita akan lebih mudah berpikir secara sistematis, karena ketika kita mengerjakan suatu soal kita perlu mengajaraknya tahap demi tahap secara berurutan. Berpikir secara logis, karena dalam matematika ada pola pembelajaran logika, dan memahami setiap soal.

kemampuan berfikir secara sistematis, sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari teruatam ketika kita memahami suatu situasi yang melibatkan suatu kejadian. Kita dapat memilah informasi secara sistematis dalam pikiran kita, karena sudah terbiasa dengan sistematika dalam matematika. Angka-angka yang digunakan merupakan alat bantu untuk melatih sistematika berpikir.

Demikian juga dengan kemampuan berpikir logis diperlukan dalam mata pelajaran lain selain matematika. Juga akan sangat berguna kelak pada kehidupan bermsyarakat. Kemampuan berpikir logis secara langsung maupun tidak langsung dipelajari dalam matematika. Secara langsung di tingkat SMA ada bagian dari pelajaran matematika tentang logika matematika, dengan menggunakan kalimat majemuk untuk melatih logika berpikir. Menggunakan pola logika konjungsi, negasi, dan dalil-dalil yang mendukung suatu pernyataan majemuk.

Jadi menurut saya, esensi pelajaran matematika ini perlu di perkenalkan kepada peserta didik, hingga mereka mengerti tujuan dasar mempelajari pelajaran matematika. Sehingga mereka bisa menemukan inti pembelajaran matematika.Dan ketika peserta didik menemukan pentingnya belajar matematika, mereka akan tetap belajar meskipun susah karena meraka menetahui tujuan pembelajarannya.Terlebih juga disampaikan dengan cara yang menyenangkan, maka tidak ada lagi yang alasan bahwa matematika itu tidak penting dalam kehidupan sehari-hari dan berpikir bahwa matematika itu susah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan