Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya pria, lahir di kota "tahu" Sumedang, Jawa Barat. 24 Desember 1979. Anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Diary

Belajar Menulis: Naik Tingkat Sebelum Pelatihan Berakhir

2 Juli 2022   22:11 Diperbarui: 2 Juli 2022   22:31 59 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
junior Kompasiana-dokumentasi pribadi

Sejak kecil, Almarhum Ayah sering kali membelikan majalah "Bobo", dan buku-buku lainnya, terutama  buku anak dan ilmu pengetahuan, hingga tumbuhlah  minat baca dalam diri saya. Awalnya saya memang kesulitan membaca, hingga awal kelas 1 Sekolah Dasar, saya belum lancar membaca dan menulis.
Namun, karena majalah ini dibuat memang untuk anak-anak, maka lambat laun saya tertarik untuk belajar membaca dengan dibantu gambar yang ada.

Kesenangan membaca dan menulis ini sempat terhenti karena kesibukan bekerja dan tidak ada yang mengarahkan. Dalam arti kurang nya mengikuti pelatihan. Saat menjadi mahasiswa saya pernah mengikuti pelatihan jurnalistik, namun karena tidak dilatih secara terus menurus , maka keterampilan inipun tidak berkembang optimal.

Sejak bergabung di pelatihan Belajar Menulis (BM) gelombang 26, dari PGRI, yang dilakukan secara daring. BM ini di bawah asuhan  DR. Wijaya Kusuma, yang biasa disapa om Jay,  dan tim solidnya. Saya kembali belajar konsisten menulis meski sehari hanya satu kalimat. Pelatihan ini, dirancang berkelanjutan selama 30 kali pertemuan. Awalnya saya merasa pelatihan ini terlalu lama, namun karena keingin saya untuk kembali menulis, maka saya memberanikan diri untuk mencoba.  Ketika sudah mengikuti beberapa kali pertemuan, saya menyadari pelatihan ini memangdirancang agar para peserta membangun kebiasaan baru dalam menulis, konsisten setiap hari. Selain itu, ekosistem dalam pelatihan ini membangunpara peserta untuk saling mendukung.

Melalui pelatihanini juga saya dikenalkan dengan situs KOMPASIANA.  Sejak saya membuat akun kompasiana 18 Mei 2022, dan didukung oleh pelatiahnmenulis, kemampuan menulis dan kedisiplinan satya dalam menulis kembali diasah.

Puji Tuhan, tanggal 1 Juli 2022, saya mendapatkan kenaikan tingkat di kompasiana sebagai Junior. Satu pencapaian awal yang memompa semangat menulis. Meskipun belum menghasilkan secara materi, pencapaian kenaikan tingkat ini memberikan makanan bagi jiwa saya untuk terus menulis.

tanggal 1 Juli ini bertepatan juga dengan pertemuan ke- 20 dari total 30 kali pertemuan pelatiahan BM. Tidak disangkat sebelum pelatihan selesai saya sudah bisa naik tingkat, semoga kenaikan tingkat ini menjadi motivasi awal saya untuk terus menulis, sehingga dapat berguna bagi banyak orang.

Terima kasih Om Jaya dan tim solid, juga rekan rekan peserta Pelatihan  Belajar Menulis Gel 25 dan 26. Pencapaian ini meruapakan bukti dukungan kalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan