Mohon tunggu...
Vsiliya Rahma
Vsiliya Rahma Mohon Tunggu... Seseorang yang suka bermain dengan kata (🕊ϚìӀѵìą འ ą հʍ ą ա ą է ì🕊)

Manusia yang tak luput dari dosa dan hina

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kenali Lingkaran Kendali untuk Mengelola Stres

29 November 2020   09:27 Diperbarui: 29 November 2020   09:46 190 4 1 Mohon Tunggu...

Stres. Tentunya kata ini sudah tak asing di telinga. Bahkan, mungkin beberapa dari kalian pernah mengalaminya.

Sebenaranya apa sih stres itu? Stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional, bisa juga dikatakan sebagai reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Selain itu, beberapa orang mengalami stres karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Stres sering kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan. Selain itu, stres juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita. Stres yang berkepanjangan akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, untuk itu kita perlu untuk mengelola stres itu yaitu dengan cara mengenali lingkaran kendali kita.

Setiap individu (manusia) memiliki lingkaran kendali yang akan membuat kita mampu mengerti batasan diri juga menjadi lebih baik dalam menjalani hidup. Untuk memahami lingkaran kendali ini kita harus mengajukan dua pertanyaan paling dasar kepada diri sendiri. Apa yang bisa aku kendalikan? dan apa yang tidak bisa aku kendalikan? Dua pertanyaan sederhana, tetapi akan memiliki banyak makna jika kita memahaminya dengan benar. Di bawah ini akan saya ulas kedua pertanyaan tersebut.

1. Apa yang bisa aku kendalikan?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan dengan jawaban internal (masih dalam ruang lingkup diri sendiri). Yang bisa kita kendalikan hanyalah hal-hal yang berkaitan dengan diri kita sendiri, hal ini meliputi tentang:

a. Cara menyayangi diriku

Istilah ini lebih keren disebut dengan self love. Sudahkah aku menyayangi diriku sendiri? Apakah aku sudah adil pada diriku sendiri? Cobalah tanyakan itu pada diri kalian!

b. Pikiranku

Hal kedua yang bisa diri sendiri kendalikan adalah pikiran. Setiap individu memiliki pikiran yang berbeda dan tak bisa dikendalikan oleh orang lain. Yang tahu baik buruknya untuk kita adalah diri kita sendiri.

c. Tindakanku

Yang ketiga adalah tindakan. Tindakan ini meliputi apa yang harus kita lakukan? Apakah yang kita lakukan sudah benar?

Orang lain tidak bisa mengendalikan tindakan kita, karena setiap manusia punya pemikirannya sendiri untuk memicu sebuah respon. Semua ini hanya tergantung pada langkah apa yang kita ambil. Menguntungkan ataukah malah merugikan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x