Mohon tunggu...
Silvi Fitria
Silvi Fitria Mohon Tunggu... Freelance dan Wiraswata

Berasal dari Kabupaten Lamongan, mempunyai hobi membaca dan menulis, pernah menjadi salah satu tim penulis buku perikanan di Yogyakarta, mengikuti event penelitian baik Nasional maupun Internasional.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Generasi Simpel

9 November 2019   12:07 Diperbarui: 9 November 2019   12:19 0 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut para pelaku bisnis untuk segera melakukan perubahan-perubahan mengikuti perkembangan teknologi yang lebih canggih. Perkembangan teknologi telah mampu membuat mobilitas kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan cepat. Kemajuan pada industri teknologi dan informasi yang pesat ini membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba bersaing untuk mendapatkan posisi pasar. Pengelolaan dari teknologi dan informasi yang mendukung proses bisnis pada perusahaan merupakan tantangan yang cukup besar untuk para manajer bisnis teknologi & informasi (TI) serta para pelaku bisnis.

Semakin ketatnya persaingan pada industri perbankan mendorong agar menyesuaikan diri terhadap perkembangan pasar yang ada. Industri perbankan pada saat ini saling berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas layanannya demi kenyamanan nasabahnya. Diantara munculnya inovasi-inovasi yang semakin berkembang, penggunaan teknologi self-service merupakan salah satu yang diminati oleh pelanggan. Self service merupakan suatu usaha pelanggan dalam melayani dirinya sendiri dan interaksi jasa manusia digantikan oleh teknologi.

Cara-cara yang ditempuh untuk meningkatkan layanan antara lain dengan memberikan berbagai fasilitas-fasilitas yang mempermudah para nasabahnya dalam melakukan segala kegiatan perbankan. Salah satu fasilitas tersebut menghadirkan layanan teknologi self-service yang disebut mobile  banking.

Beberapa persyaratan dari mobile  banking yang baik, antara lain:

  • Aplikasi mudah digunakan (user friendly) bagi semua kalangan pengguna dapat dengan mudah menjalankan aplikasi.
  • Layanan dapat di jangkau dari mana saja sehingga mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi.
  • Aplikasi akan semakin banyak digunakan oleh pengguna apabila aplikasi itu murah atau gratis karena akan menarik minta pengguna dalam menggunakan aplikasi.
  • Pengguna akan merasa tenang apabila aplikasi yang digunakan memiliki tingkat keamanan agar melindungi privasi pengguna masing-masing.
  • Dapat diandalkan (reliable): Pengguna akan merasa senang dan terbantu apabila aplikasi tersebut dapat diandalkan dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Transaksi mobile  banking dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, keuntungan yang diperoleh nasabah selain menghemat waktu, nasabah juga dapat mengontrol rekening mereka dan melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan ponsel nasabah. Apalagi saat ini para generasi simpel memerlukan suatu apalikasi yang simpel dan tidak membuat mereka ribet sehingga adanya mobile  banking BCA memberikan solusi yang produktif untuk para generasi simpel yang menginginkan hidupnya simpel.

Mobile  banking BCA atau yang lebih dikenal dengan BCA Mobile , memberikan pilihan transaksi yang lebih efisien dan nyaman. BCA Mobile  mengintegrasikan jaringan Internet Banking (KlikBCA) dan jaringan mobile  yang terdahulu (m-BCA) dalam satu interface. Proses BCA Mobile  ini tidak hanya berhubungan dengan bank, akan tetapi juga melibatkan teknologi telepon seluler dalam penggunaanya sehingga dengan adanya BCA Mobile  ini dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi operator seluler.

Adanya tren tersebut, BCA mulai melakukan transformasi mobile  banking melalui aplikasi BCA Mobile . BCA menangkap peluang dengan memanfaatkan fasilitas layanan BCA Mobile  yang berguna untuk memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi. Jika dilihat dari segi efisiensi, dengan menggunakan transaksi pada BCA Mobile  relatif lebih murah dan semakin mendorong nasabah untuk bertransaksi. Jika dilihat dari segi bank, pengguna BCA Mobile  mengurangi biaya investasi untuk pengeluaran mesin ATM. Dengan demikian nasabah yang menggunakan BCA Mobile , menyediakan handset dan pulsa untuk dirinya sendiri.

Mobile  banking yang diperuntukan untuk memudahkan para nasabahnya untuk mengakses transaksi mereka menggunakan smartphone harus mengerti bagaimana mengoperasikan layanan tersebut (easiness to operate). Layanan mobile  banking memudahkan nasabah dalam mengoperasikan berbagai macam transaksi.

Penggunaan mobile  banking memberikan keuntungan kepada nasabah diantaranya adalah mengurangi biaya operasi dan meningkatkan produktifitas. Lembaga-lembaga perbankan di Indonesia kini mulai memperkenalkan mobile  banking agar lebih memanjakan nasabahnya dengan mengurangi kegiatan konvensional dari perbankan. Para nasabah dapat melakukan transaksi dan layanan perbankan seperti transfer uang antar bank, pengecekan saldo, transaksi pembayaran, pengisian pulsa dan mengetahui informasi mengenai perbankan kapanpun dan dimanapun mereka berada hanya melalui ponsel. 

Pengembangan bisnis dengan memperkuat dan produk layanan yang dilakukan oleh BCA diantaranya adalah debit BCA, tunai BCA, internet banking BCA, mobile  banking BCA, EDC BIZZ, dan lain-lain. BCA memperkuat bisnis perbankan transaksi melalui pengembangan produk dan layanan inovatif berupa aplikasi mobile  banking untuk smartphone terkini, layanan penyelesaian pembayaran melalui e-commerce, dan mengembangkan konsep baru Electronic Banking Center (EBC) yang melengkapi ATM Center dengan penambahan fitur-fitur yang didukung teknologi terkini.

Layanan mobile  banking berbasis smartphone yang biasa disebut BCA mobile  mempermudah siapa saja dan dimana saja tanpa mempersulit kita harus mengantri di bank maupun di ATM. Pembuatan tabungan baru pun akan mudah walaupun tanggal merah sekalipun, urusan kita akan semakin simpel dan fleksible. Penggunaan BCA mobile  juga cukup mudah hanya dengan menghubungkan smartphone ke internet dan mengakses BCA mobile  dapat diunduh oleh nasabah sesuai device dari smartphone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
9 November 2019