Mohon tunggu...
Silvia UmarotuzZahro
Silvia UmarotuzZahro Mohon Tunggu... Penulis

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cegah Kekerdilan dengan Tingkatkan Konsumsi Ikan

12 November 2019   21:17 Diperbarui: 12 November 2019   21:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cegah Kekerdilan dengan Tingkatkan Konsumsi Ikan
https://grist.org

Balita mengalami stunting (kekerdilan) dikarenakan masalah gizi sejak dalam kandungan atau selama masa balita. Anak yang telah mengalami stunting permanen dapat kehilangan kemampuan pertumbuhan anak tersebut sampai dewasa. 

Pemenuhan gizi ketika dalam kandungan sangat membantu pembentukan pertumbuhan anak secara baik. Maka pentingnya pantauan ketika ibu dalam keadaan melahirkan nantinya dengan cara mengukur berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala.

      Indonesia adalah negara kepulauan kaya akan hasil perikananya. Namun tidak semua orang menyukai ikan, tetapi sebagai seorang ibu ketika mengandung sangat dibutuhkan nutrisi pada ikan dan sebaiknya mengenalkan ikan sejak anak masih bayi. 

Pentingnya himbauan dari pemerintah tentang meningkatkan asupan gizi pada anak dengan cara mengonsumsi ikan untuk meengetahui masalah kekerdilan (stunting) karena stunting ini telah menyebar diberbagai daerah.

Mengonsumsi ikan banyak nutrisi yang terkandung didalamnya salah satunya untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, karena protein yang dihasilkan pada ikan sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan tubuh.

                                

Manfaat ikan bagi kesehatan tubuh dan otak :

  • Membantu pembentukan otak
  • Menyehatkan kulit dan rambut
  • Menyehatkan jantung
  • Menyehatkan tulang
  • Mencegah depresi
  • Menyehatkan mata
  • Mencegah stroke
  • Mencegah kekerdilan

      Tingkat konsumsi makan ikan yang kecil dapat mempengaruhi keberlansungan industri pengolahan ikan dan kesejahteraan nelayan. Oleh sebab itu gemar ikan merupakan sebuah tanggung jawab bersama bukan pemerintah saja tetapi juga para pengusaha dalam mendukung penigkatan konsumsi ikan di masyarakat.

VIDEO PILIHAN