Mohon tunggu...
Silvia Rihanti
Silvia Rihanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, karna dunia ini milik Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Tidak Sedikit Orang yang Kuliah Berasal dari Keluarga Kurang Mampu

23 Januari 2021   09:50 Diperbarui: 23 Januari 2021   09:58 462
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Alhamdulillah tidak ada kata yang pantas diucapkan selain bersyukur kepada-Nya. Perkenalkan nama saya Silvia Rihanti salah satu mahasiswa penerima beasiswa KIP-K 2020 di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasnudin Banten (UIN SMH BANTEN). Fakultas Syariah, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES). Berstatus sebagai mahasiswa adalah anugrah besar, sehingga saya bisa menggapai dan mewujudkan mimpi-mimpi saya.

 

Saya anak ke-2 dari tiga bersaudara, Ayah saya seorang petani, Ibu saya seorang Ibu Rumah Tangga (IRT). Kedua orang tua saya dulu hanya tamat SD, Kakak saya hanya bisa sampai tamat SMA dan sekarang sudah berumah tangga, adik saya masih sekolah kelas sepuluh di MAN 2 Lebak. Saya lulusan MAN 2 Lebak angkatan 2020, ketika saya keluar dari MAN 2 Lebak adik saya baru masuk.  Saya sadar bahwa penghasilan orang tua saya tidak cukup untuk membiayai saya dan adik saya sekolah. Serta kakak saya juga belum bisa membiayai kedua adiknya, Namun mereka adalah pejuang-pejuang hebat yang selalu mengajari saya dan menasehati saya selalu, meskipun dengan keadaan yang terbatas saya yakin selagi kita berusaha dan minta pada Allah insyaAllah di permudah jalannya.

Menurut saya kuliah merupakan dambaan bagi banyak orang. Terutama bagi yang lulus dari SMA/SMK/MAN sederajat pasti berlomba-lomba mencari perguruan tinggi favorit, saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Banten. Saya keterima di UIN SMH Banten lewat jalur UM-PTKIN dengan pilihan prodi yang ke-2 Hukum Ekonomi Syariah. Saya bersyukur karna tahun ini saya bisa melanjutkan sekolah saya tanpa harus menundanya di tahun depan. Meskipun tahun ini beda dari tahun sebelum-sebelumnya dikarnakan kondisi pandemi semua terasa sulit, karena terhalng oleh jaringan yang kurang bagus untuk bisa mengikuti mata kuliah.

Singkat cerita setelah saya dinyatakan lulus di jalur UM-PTKIN langkah selanjutnya adalah pembayaran UKT BKT. Dimana didalam persyaratan UKT BKT saya sempet mengajukan KIP supaya mendapatkan keringanan nantinya. Dan Alhamdulillah saya dinyatakan lulus mendapatkan KIP-K setelah melalui pemberkasan dan test, dengan persyaratan-persyaratan yang harus di penuhi nantinya seperti nilai IP di atas 3.00 setiap semesternya dan tentunya harus berprestasi.

Alhamdulillah berkat KIP-K saya bisa kuliah dengan gratis, tanpa harus membebani orang tua, tugas saya hanyalah belajar, belajar dan teruslah belajar jangan pernah puas dengan ilmu yang di dapatkan saat ini. Selama saya masih mempunyai harapan maka selama itu saya harus terus berjuang, tidak boleh putus asa dengan keadaan saya saat ini, di balik kesulitan itu ada kemudahan. Kini bukan mimpi lagi saya tahun ini bisa kuliah, melainkan langkah nyata yang harus saya jalani dengan sungguh-sungguh.

Dari kisah yang singkat ini, kita dapat bersyukur kepada Allah SWT terutama untuk diri saya sendiri. Bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, karna dunia ini milik Allah SWT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun