Mohon tunggu...
silvia pratama
silvia pratama Mohon Tunggu... Berita terbaik
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Berita heboh

Selanjutnya

Tutup

Travel

Hewan yang Hampir Punah di Indonesia

22 Mei 2020   17:13 Diperbarui: 22 Mei 2020   17:24 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hewan yang Hampir Punah di Indonesia
Sumber : Detik.com

Indonesia Termasuk dalam salah Satu Negara kepulauan terbesar di dunia, Tentunya Negara kita ini adalah rumah bagi banyak sekali jenis hewan yang bisa kita temukan di Indonesia, Akan tetapi beberapa hewan asli Indonesia ini sudah sangat langka dan di ketahui hampir punah.

Berikut ini hewan langka di Indonesia yang di liput dari beberapa sumber :

1. Orang Utan

Hewan ini diketahui hidup di pulau Sumatera dan Kalimantan, hewan ini juga sudah termasuk ke dalam hewan yang hampir punah di Indonesia. Habitat ini di ketahui hidup di hutan hujan tropis dataran rendah, Orang utan termasuk ke dalam kategori pemakan buah, telur sampai vertebrata kecil.

2. Harimau Sumatera

Sumber : Kompas.com
Sumber : Kompas.com
Harimau Sumatera atau kata ilmiahnya Panthera Tigris Sumatrae merupakan salah satu hewan yang hampir punah di Indonesia. Tercatat oleh pemerintah Indonesia hingga saat ini.

Jika kamu ingin melihat langsung Harimau Sumatera kamu bisa berkunjung ke Taman Nasional Kerinci Seblat, bukan hanya harimau saja tapi tempat tersebut juga banyak hewan lain yang berada di tempat tersebut.

3. Komodo

Sumber : Sangatviral.com
Sumber : Sangatviral.com
Tentunya bagi Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan hewan ini lagi, Komodo adalah hewan asli dari Indonesia, tercatat oleh para ilmuan bahwa Komodo adalah spesies kadal terbesar dan terpanjang di Dunia yang diketahui ukuran dari komodo tersebut bisa mencapai 3 Meter dan berat badannya hingga 70 Kilogram.

Hewan ini sangat banyak terdapat di Pulau komodo di Nusa Tenggara Timur, Akan tetapi hewan ini termasuk ke salah satu hewan yang hampir punah di Indonesia.

4. 

Sumber : Liputan6.com
Sumber : Liputan6.com
Kerbau AnoaHewan ini hidup dengan ukuran yang bisa di bilang kecil, Diketahui hewan ini tinggal di semua hutan di Sulawesi, Hewan ini memiliki nama yang berbeda beda tergantung dari tempat yang ia tinggal. Biasanya Penduduk lokal dijadikan menjadi santapan untuk mereka, akan tetapi bantak orang juga mempunyai pendapat bahwa hewan ini bisa membuat mabuk sehingga tidak bisa di komsumsi.

5. Badak Jawa

Sumber : SangatViral.com
Sumber : SangatViral.com
Selama bertahun-tahun lamanya perburuan Badak Sumatera untuk diambil bagian yang bisa di percaya untuk dijadikan bahan obat tradisional. Badak Jawa diketahui hidup di hampir semua gunung gunung di Jawa Barat, Ternyata di Indonesia Badak Jawa Sudah dilindungi sejak tahun 1931.

6. Burung Cendrawasih

Sumber : Bacaterus.com
Sumber : Bacaterus.com
Nama lain dari burung Cendrawasih adlaah Bird Of Paradise, kecantikan dari burung ini tidak perlu di ragukan lagi, sayangnya burung ini selalu di jadikan buruan oleh para masyarakat karena burung ini di jual sebagai burung peliharaan dan ada juga yang di jadikannya untuk cinderamata, untuk di jadikan cindera mata burung ini harus menahan sakitnya di bunuh dan di siram menggunakan menggunakan air keras dengan keadaan hidup untuk di ambil bulunya.




VIDEO PILIHAN