Mohon tunggu...
silvia Febrina
silvia Febrina Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Saya seorang yang suka berwirausaha, hobby saya jalan" menikmati pemandangan alam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

28 Juni 2022   11:02 Diperbarui: 28 Juni 2022   12:03 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kewirausahaan menciptakan lapangan kerja baru dengan ide-ide atau inovatif baru untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam jangka panjang. Saat ini jumlah wirausahawan di Indonesia hanya 3,3% populasi dan masih tertinggal dari Thailand, Malaysia, dan Singapura. 

Pemerintah menargetkan Indonesia agar bisa mengejar ketertinggalan dengan menciptakan wirausahawan lebih banyak daripada pekerja, terutama dikalangan mahasiswa. 

Banyak dari lulusan perguruan tinggi negeri menargetkan setelah lulus mereka akan mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan dengan berbekal pengetahuan yang bersifat teoritis yang sudah mereka peroleh selama kuliah. Padahal , walaupun sudah lulus kuliah, tidak mudah bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga mudah menambah jumlah pengangguran. 

Diharapkan mahasiswa mampu membangun kewirausahaan dengan melahirkan berbagai ide kreatif dan inovatif, sehingga mampu memanfaatkan dan mengikuti kemajuan teknologi yang berkembang pesat secara digital untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran. Pemerintah dan beberapa instansi juga mendukung jika semangat kewirausahaan dapat ditanamkan oleh mahasiswa. 

Diharapkan dengan adanya startup dapat meningkatkan perekonomian Indonesia yang sedang melewati masa krisis dan mengejar ketertinggalannya. Sehingga Indonesia mampu atau setidaknya mengimbangi beberapa negara yang mempunyai populasi wirausaha lebih banyak.

Kebutuhan hidup yang semakin hari semakin banyak membuat banyak orang sibuk mencari pekerjaan. Pekerjaan merupakan suatu hal yang menjadi prioritas utama setelah lulus kuliah. Akan mudah jika pekerjaan itu sesuai dengan jurusan yang diambil saat kuliah. Namun, tidak sedikit beberapa lulusan perguruan tinggi yang masih belum mendapatkan pekerjaan, sehingga banyak juga yang menganggur.Ide dan Inovasi baru merupakan hal yang mudah diciptakan oleh kalangan muda khususnya mahasiswa. 

131313131313-62ba8ae4bb4486035c4ae8b2.jpg
131313131313-62ba8ae4bb4486035c4ae8b2.jpg

Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital serta ide-ide dan inovasi baru yang sudah mereka ciptakan, diharapkan mahasiswa mampu membangun jiwa kewirausahaan. 

Apalagi, dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, seharusnya potensi untuk menjadi seorang wirausahawan semakin mudah dan besar. Sehingga lulusan perguruan tinggi tidak hanya berkonsentrasi untuk mencari pekerjaan, namun juga menciptakan pekerjaan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan